Bagikan:

YOGYAKARTA – Di era yang serba cepat, karyawan dituntut agar mampu mencapai work-life balance. Tidak hanya mampu menyelesaikan pekerjaan, pekerja juga harus memenuhi berbagai hal di ranah privat seperti keluarga, hobi, dan sebagainya. Lalu, adakah cara mencapai work life balance di era seperti sekarang?

Cara Mencapai Work Life Balance

Secara umum work life balance merupakan keadaan di mana seseorang bisa mengatur dan membagi waktu antara kehidupan di ranah pekerjaan dan kehidupan di ranah pribadi. Di ranah pekerjaan, pekerja tak hanya dituntut untuk bekerja tepat waktu namun serba cepat dengan asas profesionalisme. Sedangkan di ranah privat, status pekerja bisa dilepas dan berganti menjadi status sebagai fungsi sosialnya. Sebagai contoh, di jam kerja Budi adalah karyawan perusahaan A, sedangkan di luar itu Budi adalah suami dari istrinya, atau ayah dari anak-anaknya.

Tiap peran punya waktu masing-masing. Pekerja yang sukses mencapai work life balance akan mendapat berbagai keuntungan. Lalu, bagaimana cara mencapai wok life balance?

  1. Pandai Atur Waktu

Manajemen waktu jadi salah satu kemampuan dasar semua orang. Anda harus bisa mengatur waktu antara kehidupan saat bekerja atau kehidupan pribadi. Sering kali waktu saat bekerja dan pribadi tercampur. Efeknya, seorang pekerja tak bisa menyelesaikan pekerjaannya atau justru terlalu santai menghabiskan waktu dengan ranah privatnya.

  1. Susun Skala Prioritas

Pekerja juga harus mampu menyusun skala prioritas. Penyusunan skala prioritas mampu memandu pekerja mendahulukan mana yang penting dan mana yang bisa menunggu untuk dilakukan. Prioritas yang paling utama bisa diketahui dari besarnya risiko yang terjadi, baik dari ranah pekerjaan maupun dari ranah privat.

  1. Fokus

Kurangnya fokus akan membuat seseorang merasa cemas dan berdampak pada kewajiban yang bertumpuk. Saat bekerja, anda disarankan untuk benar-benar fokus menyelesaikan pekerjaan. Sebaliknya, saat bersama keluarga Anda disarankan untuk menghabiskan waktu dengan keluarga tanpa membawa pekerjaan dari kantor.

Itulah beberapa cara mencapai work life balance. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.