Teh Tubruk vs Teh Celup, Mana Lebih Sehat?
Teh Celup (Skitter Photo/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Minum teh di pagi hari, sore, saat bersantai, sampai setiap selesai makan sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia. Tak lupa, pilihan tehnya pun beragam, mulai dari teh hijau, hitam, oolong, teh bunga, dan teh putih.

Sedangkan dari kemasan, ada teh tubruk dan teh celup. Meski teh celup kerap dipilih karena lebih praktis, namun bukan berarti penggemar teh tubruk jadi berkurang. Baik rasa maupun aroma, teh tubruk tetap menjadikannya favorit di sebagian kalangan masyarakat.

Lalu untuk urusan kesehatan, mana yang lebih baik, teh celup atau teh tubruk?

Steve Schwartz, pendiri dan CEO Art of Tea seperti dikutip The Kitchn mengatakan bahwa sebelum dijadikan teh celup yang dimasukkan dalam kantung teh, daun teh harus diolah menjadi potongan-potongan yang sangat kecil. Hal ini ternyata bisa membuat kandungan kafein di dalam teh serta aromanya berkurang dengan signifikan.

Emma Beckett, peneliti Human Molecular Nutrition dari Scholl of Medicine and Public Health, University of Newcastle serta Quan V Vuong, pengajar senior Food Science & Human Nutrition juga menyebutkan bahwa tidak hanya menurunkan kandungan kafein, rasa dari teh celup juga cenderung berkurang dan tidak alami layaknya teh tubruk.

Menurut mereka, daun dalam teh tubruk mengandung lebih banyak bahan bioaktif karena permukaannya lebih lebar dan umumnya menggunakan kualitas daun yang lebih baik. Sedangkan daun teh celup dipotong kecil-kecil dan ini membuat kandungan di dalamnya lebih mudah menguap.

Teh tubruk memiliki aroma dan wewangian yang cenderung lebih tajam dan nikmat, sangat kontras jika dibandingkan dengan aroma dan rasa teh celup yang terbatas dan bahkan sudah tercampur dengan perasa lain seperti, melati, dan vanila.

Di dalam teh celup sendiri, kandungan kafein dan katekin cenderung sudah terdegradasi dalam waktu yang lama sehingga kandungan antioksidan di dalam teh ini sudah memudar. Penggunaan kantung teh ternyata juga bisa menurunkan kandungan katekin pada minuman ini.

Melihat adanya fakta ini, maka dapat disimpulkan bahwa teh tubruk memiliki lebih banyak kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh dibandingkan dengan teh celup.