Bagikan:

JAKARTA - Untuk memperingati Hari Puisi Nasional yang jatuh tepat pada 28 April, Miles Films meluncurkan serial antologi seni video bertajuk Aku, Chairil. Serial yang terdiri dari 7 episode ini diinisiasi Mira Lesmana dan Riri Riza sebagai penghormatan terhadap Chairil Anwar sebagai nama besar di dunia sastra Indonesia.

Mira Lesmana mengungkap bahwa rumah produksinya berniat untuk membuat film biopik Chairil Anwar pada tahun 2021 lalu. Namun, rencana tersebut belum terlaksana hingga akhirnya ia memutuskan untuk membuat karya dalam bentuk aerial antologi seni video.

“Mungkin sudah banyak yang tahu, kami sangat mencintai Chairil Anwar. Sekitar 2021 kami berencana membuat film tentang Chairil Anwar. Karrna pandemi, kita akhirnya mencoba membuat karya tentang Chairil dalam bentuk karya lain yang menarik,” ujar Mira Lesmana saat konferensi pers di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat pada Jumat, 28 April.

Produser film yang merupakan putri dari Jack Lesmana itu mengakui bahwa proses pembuatan serial antologi barunya itu tidaklah mudah. Dari sekian banyak puisi yang sudah dihasilkan Chairil Anwar, Mira harus melibatkan banyak orang untuk mengkurasi.

“Awalnya lumayan sulit, jadi saya mencoba kurasi dulu bersama sekitar puluhan orang dan kami berikan pada seniman, memilih mana yang menyangkut di hati mereka,” kata Mira.

Dalam 7 episode yang dihadirkan, Aku, Chairil menghadirkan 7 aktor papan atas tanah air, diantaranya Lukman Sardi, Ine Febrianti, Jerome Kurnia, Reza Rahadian, Christine Hakim, Nicholas Saputra, dan Happy Salma.

Mira mengatakan bahwa pemilihan aktor dilalui lewat diskusi panjang dengan banyak orang. Pasalnya, ia ingin aktor yang tidak hanya berakting, namun juga bisa membaca puisi dengan baik.

“Kita berdiskusi bersama, siapa saja aktor-aktor yang bisa membacakan puisi,” katanya.

Semntara itu, Riri Riza berharap serial antologi seni video Aku, Chairil bisa membuat penonton terkoneksi dengan karya-karya sqng oenyair.

“Presentasi ini ditujukan untuk menjadi sebuah cara berkomunikasi dengan harapan penontonnya akan belajar berkoneksi dengan karya-karya ini, mewujudkan alur, titik temu, dan relevansi mereka sendiri di Hari Puisi Nasional dengan Chairil,” ucap Riri Riza

“Harapan kita ketika bikin karya seperti ini, ya penonton selanjutnya bisa membaca karya-karya dan buku dari Chairil Anwar sendiri,” pungkasnya.