Bagikan:

YOGYAKARTA – Magang merupakan program belajar sekaligus berlatih kerja secara langsung pada sebuah perusahaan selama beberapa waktu. Seseorang yang mengambil program magang akan mendapat pengalaman, wawasan profesional, dan keterampilan praktis untuk bekerja.

Nah, dalam artikel kali ini akan dibahas manfaat dan syarat magang luar negeri. Baca terus sampai habis, ya!

Manfaat Magang di Luar Negeri

Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu, 26 April 2023, berikut beberapa manfaat magang di luar negeri yang bakal didapat oleh peserta magang:

1. Mempunyai pengalaman kerja internasional

Di tengah perkembangan industri yang semakin pesat, banyak perusahaan-perusahaan yang memiliki koneksi dengan perusahaan asing. Ini dapat dimanfaatkan untuk mengambil program magang luar negeri.

Mereka yang mengambil program ini akan merasakan pengalaman bekerja secara internasional, mulai dari kegiatan, lingkungan kerja yang lebih professional hingga rekan kerja yang berasal dari negara berbeda.

2. Mempelajari hal-hal baru

Manfaat magang di luar negeri yang berikutnya adalah, Anda dapat mempelajari hal-hal baru yang tidak dapat ditemukan ketika magang di dalam negeri. Dengan begitu, Anda dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki.

3. Meningkatkan kemampuan komunikasi

Apabila Anda ingin mengikuti program magang di luar negeri, maka kemampuan Bahasa Inggris harus diperbaiki.

Bagi Anda yang kurang lancar berbicara dengan Bahasa Inggris namun sudah diterima magang internasional, kemampuan berbahasa Anda akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Selain itu, Anda juga dapat berkomunikasi dengan lebih baik dan lebih terbuka terhadap perbedaan pendapat serta ilmu di dunia kerja yang baru yang tidak bisa didapatkan di dalam negeri.

4. Meningkatkan Kualitas CV

Mempunyai pengalaman magang di luar negeri dapat memperbaiki portofolio CV Anda. Jika Anda memasukkan pengalaman magang di luar negeri ke dalam CV tentu saja akan menarik perhatian dari perekrut perusahaan. Apalagi jika Anda ikut serta dalam mengerjakan project magang, tentu kesempatan untuk masuk ke perusahaan besar akan lebih tinggi!

Syarat Magang di Luar Negeri

Terdapat beberapa syarat magang di luar negeri yang harus Anda penuhi, antara lain:

1. Resume/Curriculum Vitae (CV)

2. Transkip nilai resmi

Surat pengantar yang dibagi menjadi tiga, antara lain:

  • Surat pengantar standar
  • Surat pengantar rujukan
  • Surat minat

4. Surat rekomendasi untuk magang

5. Mempunyai kemampuan Bahasa Inggris

6. Tidak pernah melanggar hukum

7. Sertifikat pengalaman organisasi (opsional)

Cara Magang di Luar Negeri

1. Menggunakan Koneksi

Apabila Anda mempunyai koneksi yang bagus saat duduk di bangku kuliah, Anda bisa meminta bantuan mereka untuk mencari kontak prefesional yang bekerja di perusahaan luar negeri. Jangan lupa juga untuk meminta referensi atau rekomendasi!

2. Kirim lamaran lewat situs lamaran kerja

Untuk mengikuti program magang luar negeri, Anda bisa mendaftar lewat situs penyedia informasi lapangan kerja.

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi halaman situs perusahaan atau Company Profile, kemudian memantau program beasiswa pemerintah setiap harinya untuk mendapatkan informasi mengenai lowongan magang.

3. Ikuti Program Magang dari Universitas

Sebagian besar universitas di Indonesia, mempunyai program magang di luar negeri. Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk menjalani magang di perusahaan luar negeri. Bahkan, ada beberapa kampus yang akan membantu Anda magang di luar negeri.

Demikian informasi tentang manfaat dan syarat magang di luar negeri. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.