Magenta BUMN Adalah Program Menarik untuk Fresh Graduate, Ini Pengertian dan Cara Daftarnya
Ilustrasi BUMN. (Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki program menarik yang dinamakan dengan Magenta BUMN. Program Magenta BUMN adalah program yang patut dipertimbangkan untuk diikuti oleh mahasiswa dan fresh graduate untuk mencari pengalaman baru di dunia kerja. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

Menguntungkan

Magenta BUMN adalah program magang 2023 yang bisa diikuti oleh mahasiswa, baik yang masih aktif maupun baru saja menempuh kelulusan, yang dihasilkan dari kolaborasi antara BUMN, Kementerian BUMN, serta Forum Human Capital Indonesia  (FCHI). Kepanjangan Magenta sendiri adalah Magang Generasi Bertalenta.

Tujuan dari diadakannya program ini adalah sebagai wadah aktualisasi ilmu yang sudah diraih oleh mahasiswa selama perkuliahan berlangsung. Selain itu program ini juga bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung bekerja di BUMN dengan budaya kerja akhlak yang profesional.

Program magang di BUMN ini akan mendatangkan banyak manfaat, khususnya yang terkait dengan pengembangan soft skill dan hard skill. Selain itu peserta juga akan mendapat sertifikat eksklusif bertandatangan Menteri BUMN serta Ketua Umum FHCI.

Ada empat program yang bisa diikuti melalui Magenta yakni sebagai berikut.

  • Magang Umum
  • Magang Santri
  • Kampus Merdeka BUMN
  • Indonesia Global Talent Internship

Peserta Magenta BUMN minimal lulusan SMA atau sederajat namun berstatus mahasiswa. Selain itu syarat peserta lain adalah lulusan baru atau fresh graduate, serta mahasiswa lulusan D4 atau S1. Sedangkan jurusan yang bisa mengikuti program ini adalah jurusan yang linear dan/atau punya keterampilan yang sesuai di BUMN.

Keuntungan Magenta BUMN

Secara umum, Magenta BUMN memiliki beragam keuntungan yang akan membantu peserta di dunia kerja yakni sebagai berikut.

  1. Sertifikat

Di dunia kerja, sertifikat keahlian kerja maupun pengalaman kerja jadi salah satu bahan pertimbangan perusahaan dalam mempekerjakan calon karyawannya. Dengan mengikuti Magenta BUMN, peserta akan mendapat sertifikat khusus.

  1. Surat Rekomendasi

Surat ini akan juga jadi salah satu incaran peserta. Alumni Magenta BUMN akan mendapat surat rekomendasi  yang bisa digunakan untuk melamar kerja. Surat ini akan diberikan kepada pekerja yang memiliki performa bagus selama menjalani program.

  1. Pengalaman

Baik mahasiswa maupun fresh graduate akan mendapat pengalaman kerja yang bisa membantunya memberikan proyeksi di dunia kerja.

  1. Jaringan Baru

Peserta Magenta BUMN juga akan mendapat jaringan baru yang terbentuk saat menjalankan program ini. Jaringan ini tentu sangat berguna bagi seseorang yang mulai terjun di dunia profesional.

Cara Mendaftar Magenta BUMN

Patut diketahui bahwa biaya pendaftara Magenta BUMN adalah gratis alias tak ada pungutan biaya. Jadwal pendaftaran Magenta BUMN terbaru tahun ini dibuka mulai 16 hingga 22 Januari 2023. Peserta bisa melakukan pendaftaran melalui situs magenta.fhcibumn.com. Calon peserta Magenta BUMN juga diwajibkan memenuhi syarat administrasi yakni sebagai berikut.

  • Foto KTP
  • Transkrip akademik
  • Curriculum Vitae
  • Surat Keterangan Mahasiswa Aktif

Setelah syarat dokumen dirasa lengkap, Anda bisa mulai melakukan pendaftaran dengan langkah di bawah ini.

  • Kunjungi situs rekrutmen Magenta dengan mengakses fhcibumn.com lewat ponsel maupun PC;
  • Anda akan diminta untuk melakukan pendaftaran akun baru dengan klik “Masuk ke Akun”;
  • Setelah itu Anda diharuskan mengisi data diri dengan klik “Lihat Profil”. Setelah itu isi data di menu “Data Pribadi”, “Informasi Akademik”, dan “Kelengkapan Data Pemagang”;
  • Setelah proses pengisian data diri selesai, calon peserta bisa mulai mencari lowongan magang yang tersedia dengan cara klik “Lowongan Magang” lalu pilih lowongan magang yang tersedia sesuai kriteria yang Anda miliki dengan klik “Daftar Magang”.

Magenta BUMN adalah program yang mampu menambah wawasan mahasiswa. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.