Kesan  Dude Harlino pada Almarhum Iqbal Pakula, Tak Umbar Kabar Sakit
Iqbal Pakula (Instagram @iqbalpakula21)

Bagikan:

JAKARTA - Meninggalnya pesinetron Iqbal Pakula membawa duka mendalam bagi banyak orang, terutama rekan-rekannya sesama artis. Dude Harlino, Bebi Romeo, Meisya Siregar, Indra Brasco dan Mona Ratuliu adalah beberapa artis yang turut hadir dalam pemakaman aktor 46 tahun itu di Taman Pemakaman Umum (TPU) Menteng Pulo pada Selasa, 25 April siang.

Suami Mona Ratuliu, Indra Brasco mengaku tahu kabar meninggalnya Iqbal dari Irgi Fahrezi. Indra mengaku kaget dengan kabar yang diterimanya itu.

“Pertama (dapat info) dari Irgi, dimana kejadiannya jam 2.30 dini hari meninggalnya, jadi cukup kaget buat kita. Terus terang, sosok Iqbal di mata kita itu anaknya sangat tertutup banget,” ujar Indra Brasco kepada awak media di TPU Menteng Pulo pada Selasa, 25 April.

Meisya Siregar mengaku tahu bahwa Iqbal mengalami permasalahan jantung. Tidak hanya itu, istri Bebi Romeo itu menyebut bahwa Iqbal juga sempat terjangkit covid dan juga menderita leukimia.

Namun, Meisya menyebut tidak tahu secara mendetail mengenai penyakit yang diderita temannya itu. Ia menyebut bahwa almarhum seperti menarik diri untuk tidak mengungkap seperti apa penyakit yang dideritanya.

“Yang bikin kita kaget karena almarhum waktu itu bilang divonis leukemia. Terus kita yang dalam hati shock, tapi kita berupaya untuk 'Bal, kamu tenang ya, pokoknya second opinion aja dulu. Pokoknya lu tenang jangan banyak pikiran. Kapan bisa ketemu?', dari situ udah langsung lost. Iqbal kayak menarik diri, berapa kali kita cuma video call-an,” tutur Meisya.

Sementara itu, Dude Harlino yang sempat syuting bersama Iqbal pada tahun lalu mengaku tidak melihat tanda-tanda bahwa rekannya itu menderita penyakit yang serius. 

“Tahun lalu syuting sama Iqbal. Itu habis kena covid kalau gak salah. Dia terlihat biasa aja dan tidak banyak bercerita juga soal kondisinya. Tapi di lokasi sih saya lihat baik-baik aja. Syuting biasa dan pribadi yang sangat baik sekali orangnya,” kata Dude.

Dude juga mengakui Iqbal cukup tertutup mengenai penyakit yang diderita. Pemasangan ring di jantung yang dijalani Iqbal November 2022 lalu pun baru diketahuinya oleh Dude dan artis lain di hari meninggalnya sang aktor.

Dengan meninggalnya Iqbal Pakula, Meisya Siregar berharap almarhum meninggal khusnul khotimah.

“Mudah-mudahan almarhum khusnul khotimah. Kita dengar dari postingannya Kang Edot sempat dituntun nggak berhenti mengucap Allahu Akbar dan tenang banget. Kang Edot juga bersaksi insha Allah khusnul khotimah. Iqbal orang baik, mudah-mudahan semua dosa-dosanya diampuni Allah dan amal ibadahnya diterima dan kita semua di sini selalu doain Iqbal. Dia orang baik, sahabat yang baik, orang yang nggak pernah mau nyusahin, orang yang menyenangkan. Pokoknya semua kesan baik soal Iqbal menjadi ladang pahala,” pungkas Meisya Siregar.