Jessica Mila Naik Sidi Jelang Pernikahan, Sudah Jadi Orang Batak?
Jessica Mila, belum diketahui bakal memakai marga apa setelah menikahi Yakup Hasibuan. (Instagram/@jscmila)

Bagikan:

JAKARTA - Pernikahan Jessica Mila dengan kekasihnya, Yakup Hasibuan nampak semakin dekat. Setelah prosesi lamaran tahun lalu, aktris berusia 30 tahun itu diketahui naik sidi di Huria Kristen Batak Protestan (HKBP).

Momen Jessica Mila naik sidi tersebar di media sosial, salah satunya adalah video unggahan akun TikTok @firton.62 pada 16 April kemarin.

Dalam video tersebut, Mila terlihat mengenakan dress putih lengan pendek dengan sepatu berwarna senada. Ia tampak turun dari altar setelah mendapat peneguhan dari seorang pendeta. Kemudian ia kembali ke tempat duduknya dengan senyum lebar di wajah.

“Welcome di HKBP Rawamangun, Jessica Mila Agnesia menerima berkat sidi. Semoga acara pemberkatan nikahnya nanti semua lancar ya,” tulis @firton.62 dalam caption unggahannya.

Sontak unggahan tersebut ramai dikomentari warganet. Banyak yang menyambut baik naik sidi yang dilakukan Jessica Mila. Beberapa warganet juga menyambutnya yang telah menjadi wanita Batak.

“Jadi boru apa nanti Jessica Mila?” tulis seorang warganet.

“Jessica Mila resmi jadi boru Batak nih. Welcome to the club,” kata warganet lain.

“Kok senang banget ya aku melihat Jessica. Semoga lancar sampai hari H,” tulis warganet lainnya.

Naik sidi atau malua sendiri merupakan sebuah prosesi yang terdapat dalam Gereja HKBP. Pada gereja lainnya, prosesi tersebut sering disebut katekisasi, yang merupakan bentuk pengajaran dan penggembalaan bagi anggota jemaat dan calon anggota jemaat tentang pokok-pokok iman Kristen serta tanggung jawab dan kewajiban yang dihayati dan dilakukan dalam seluruh segi kehidupannya.

Melansir website HKBP Palmerah Petamburan, naik sidi merupakan prosesi wajib yang harus dilalui anggota jemaat yang akan melakukan pernikahan. Bagi mereka yang bukan berasal dari suku Batak, untuk bisa naik sidi diwajibkan untuk menjadi orang Batak dengan memberi marga di nama belakangnya lewat beberapa upacara adat.

Hingga artikel ini ditulis, Jessica Mila belum mengkonfirmasi marga (boru) apa yang dipilihnya menjadi nama belakangnya.