Kesalahan Membersihkan Talang Air yang Jarang Disadari Pemilik Rumah
Ilustrasi (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Membersihkan talang air adalah salah satu jenis pemeliharaan rumah yang penting dilakukan dalam membantu menangkal kerusakan pada pondasi,  mencegah kebocoran, dan masalah serius lainnya. Meskipun membersihkan puing-puing dari talang tampaknya mudah, tugas ini bisa berbahaya jika tidak dilakukan dengan benar, terutama karena kemungkinan besar Anda akan bekerja di atas tangga. Bahkan lebih berisiko jika rumah Anda memiliki atap yang tinggi atau jika Anda belum pernah melakukan pekerjaan itu sebelumnya.

Untuk itu, kenali kesalahan umum pembersihan talang air ini untuk memastikan tugas pemeliharaan berjalan lancar dari musim ke musim, dilansir dari Better Homes and Gardens, Jumat, 14 April.

Anda tidak cukup sering membersihkan talang air

Salah satu kesalahan pembersihan dan pemeliharaan talang air paling umum yang dilakukan pemilik rumah adalah tidak membersihkannya sesering yang seharusnya. Setidaknya dua kali setahun adalah rekomendasi tipikal, tetapi pembersihan yang lebih sering mungkin diperlukan tergantung pada lanskap Anda.

Misalnya, jika rumah Anda dikelilingi pepohonan, Anda harus merawat talang lebih dari dua kali setahun karena talang terkena lebih banyak puing dan dedaunan. Perhatikan kondisi talang sepanjang tahun dan jika perlu, tandai pembersihan talang setengah tahunan di kalender sehingga Anda dapat memastikan tugas ini selesai.

Membersihkan selokan di waktu yang salah

Pengaturan waktu juga penting untuk memastikan sistem drainase Anda berfungsi dengan baik saat dibutuhkan. Cuaca dan badai yang tidak terduga dapat meningkatkan kerusakan pada rumah Anda jika talang tersumbat atau rusak. Rencanakan pembersihan talang sebelum periode ketika cuaca buruk biasa terjadi di daerah Anda.

Tidak memakai alat pelindung yang tepat

Saat membersihkan talang, Anda tidak ingin menjangkau rumpun daun yang kotor dan membusuk dengan tangan kosong. Kenakan sarung tangan untuk menjaga tangan tetap bersih dan lindungi diri Anda dari benda tajam yang mungkin tersembunyi di antara puing-puing. Selain itu, sepatu bersol karet dengan traksi yang baik dapat membantu menangkal selip di tangga. Dan jangan lupa kacamata pelindung. Anda tidak pernah tahu apa yang bisa terbang keluar dari tumpukan daun saat membersihkan talang.

Belum memasang pelindung talang

Jadikan pembersihan lebih mudah dengan mencegah kotoran menyumbat talang sejak awal. Pelindung talang menangkap daun, kotoran pohon, dan kotoran lainnya sambil membiarkan air mengalir dengan bebas melalui sistem drainase rumah Anda. Biasanya terbuat dari logam berlubang atau jaring. Jika Anda tinggal di daerah dengan banyak pohon atau terkadang lupa membersihkan talang, pelindung talang bisa jadi investasi berharga yang melindungi rumah dalam jangka panjang.