Manfaat Mengonsumsi Bawang Bombai Mentah untuk Kesehatan
Bawang Bombay (Fran Hogan/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Bawang bombai biasa digunakan sebagai salah satu bumbu masakan untuk melengkapi rasa menjadi lebih sedap.  Tidak hanya itu, bawang bombai pun rupanya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Menurut para peneliti, kandungan bawang bombai yang terdiri dari vitamin C, flavonoid, dan fitonutiren inilah yang membawa semua manfaat tersebut.

Bawang bombai merupakan jenis bawang yang ukurannya besar. Jenisnya dibedakan dari warna, yaitu bawang bombai merah dan bawang bombai biasa berwarna kuning. Meski memiliki warna berbeda, tapi keduanya punya rasa serupa.

Dilansir dari Times of India, kebiasaan mengonsumsi bawang bombay mentah secara rutin bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti:

Kaya zat antioksidan

Sama seperti jenis bawang lainnya, bawang bombai pun juga kaya zat antioksidan. Bawang bombai mengandung lebih dari 25 jenis antioksidan flavonoid berbeda.

Sehingga jika mengonsumsi bawang bombai mentah secara rutin, ini bisa menghambat oksidasi. Hal ini sangat penting untuk mencegah kerusakan sel yang berkontribusi pada penyakit kronis.

Menyehatkan jantung

Jika Anda memiliki masalah jantung, mengonsumsi bawang bombai mentah bisa jadi solusi yang baik.

Flavonoid yang terdapat pada bawang bombai dapat membantu dalam mengurangi kadar kolesterol jahat pada tubuh.

Kandungan tiosulfinat juga berfungsi dalam menjaga konsistensi darah. Sehingga risiko serangan jantung dan strok berkurang.

Menurunkan risiko kanker

Kanker merupakan penyakit kronis yang hingga saat ini belum ada obatnya. Gaya hidup sehat seperti rajin mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan makanan sehat lainnya dapat mengurangi risiko penyakit ini.

Bawang bombai menjadi salah satu makanan kaya akan antioksidan sehingga dapat membantu tubuh dalam melawan radikal bebas pemicu kanker.

Menyehatkan tulang

Manfaat mengonsumsi bawang bombay mentah yang bisa Anda rasakan yaitu tulang sehat dan kuat.

Dilansir dari U.S Department of Agriculuture (USDA), satu buah bawang bombai mengandung sekitar 25,3 miligram kalsium.

Kalsium ini merupakan mineral penting yang dapat meningkatkan kesehatan tulang sehingga terhindar dari penyakit osteoporosis.

Baik untuk kulit dan rambut

Tidak hanya flavonoid dan kalsium, dalam bawang bombai juga terdapat vitamin A, C, dan K yang dapat membantu menghilangkan pigmentasi dan melindungi kulit dari sinar UV.

Jika Anda rajin mengonsumsi bawang bombai mentah maka kolagen pada kulit dan rambut dapat terjaga dengan baik.  

Mengontrol gula darah

Penyakit gula darah merupakan jenis penyakit kronis yang mematikan. Mengonsumsi bawang bombai mentah ternyata bermanfaat untuk mengurangi risiko diabetes.

Di mana kandungan senyawa sulfurnya bisa memiliki efek antidiabetes yang baik dalam mengontrol gula darah.