<i>Sobat Ambyar</i>, Serpihan Kecil dari Semangat Besar Didi Kempot
Didi Kempot dalam film Sobat Ambyar (Netflix)

Bagikan:

JAKARTA - Layanan streaming Netflix akan merilis film Indonesia terbaru, Sobat Ambyar pada 14 Januari. Film ini menarik perhatian banyak penonton karena Sobat Ambyar menjadi proyek film pertama dan terakhir Didi Kempot sebelum meninggal pada Mei 2020.

Proses pembuatan film ini pun dilakukan berdasarkan lagu-lagu hits Didi Kempot, yang dikenal dengan lagu romansa berbahasa Jawa. Melalui konferensi pers yang diadakan secara virtual pada hari ini, 12 Januari, pemain dan tim produksi Sobat Ambyar menceritakan proses pembuatan film yang juga melibatkan The Godfather of Broken Heart itu.

Setelah menemukan latar belakang cerita, sutradara Charles Gozali dan Bagus Bramanti menghubungi Didi Kempot dengan mengunjunginya ke Solo dan sempat melakukan workshop dengan menghadiri panggung musisi berumur 53 tahun itu.

Sayangnya, Didi Kempot sebagai produser eksekutif meninggal dunia pada Mei 2020, di tengah produksi film. Meski demikian, Charles dan Bagus tetap bertekad membawa warisan yang ditorehkan Didi Kempot.

“Warisan yang ditinggalkan adalah tanggung jawab yang sangat kami syukuri karena semangat yang ada untuk menyelesaikan film agar karya pertama dan terakhir Didi Kempot bisa kita jaga sebaik-baiknya.”

Didi Kempot juga muncul dalam film ini. Salah satu pemain, Denira Wiraguna mengaku mendatangi konser Didi Kempot dan merasa antusias sampai merinding dengan animo penonton menyanyikan lagu musisi itu. Peran Didi Kempot dalam Sobat Ambyar bukan hanya lewat lagu, namun juga karakternya.

“Mendengar nama Didi (Kempot) tidak bisa mendengar lagu tetapi karakter yang melingkupi banyak hal. Film ini hanya serpihan kecil dari semangat yang ia bawa,” kata Bagus Bramanti dalam konferensi pers.

Diproduksi Rapi Films, film ini menampilkan realitas dari hubungan percintaan yang dialami masyarakat dengan unsur lokal yang kental.

Sobat Ambyar mengisahkan pemilik kedai kopi bernama Jatmiko (Bhisma Mulia) yang jatuh cinta kepada Sara (Denira Wiraguna). Tetapi, cinta Jatmiko menghadapi berbagai tantangan. Untuk melewati kesulitan itu, Jatmiko sering mendengarkan lagu Didi Kempot yang memiliki makna putus cinta dan rasa sakit hati.

Selain Bhisma Mulia dan Denira Wiraguna, film ini dibintangi Erick Estrada, Sisca JKT48, Asri Welas, dan Mo Sidik. Adapun film Sobat Ambyar akan tayang di Netflix mulai 14 Januari mendatang.