Tanda-Tanda Wajah Perlu Facial, Jangan Sampai Kusam
Facial (ist)

Bagikan:

JAKARTA - Kulit sehat akan membuat penampilan semua orang menjadi lebih terlihat menarik. Jika kulit kusam, bisa membuat tidak percaya diri.

Tidak semua orang memahami bahwa menggunakan skin care dan membersihkan wajah secara mandiri usai beraktivitas ternyata tidak cukup. Wajah perlu dirawat dengan pembersihan secara mendalam salah satu caranya dengan facial.

Kapan saat tepat wajah perlu facial? "Facial sebaiknya dilakukan tiga pekan sekali, mengingat sel-sel kulit beregenerasi setiap 14-28 hari. Perawatan wajah secara rutin sangat berguna untuk membersihkan komedo dan jerawat, mengangkat sel kulit mati dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit," kata dokter Mada Patabang, penanggungjawab Derma9 Klinik Kecantikan Bekasi saat dihubungi Kamis, 16 Maret.

Dokter Mada mengatakan facial yang baik dilakukan dengan beberapa tahapan agar hasilnya maksimal. "Tahapan itu adalah deep cleansing, melembutkan kulit, eksfoliasi, cabut komedo, masker, toner. Tahapan ini untuk memastikan agar sel-sel kulit mati terangkat dan kulit wajah menjadi lebih cerah," terangnya.

Dia menambahkan, semua orang sebenarnya bisa melakukan facial sendiri di rumah. "Tetapi hanya terbatas pembersihan wajah dan scrubbing, tanpa adanya ekstraksi komedo. Hal ini karena ekstraksi komedo harus dilakukan oleh beautician profesional di klinik kecantikan yang terlatih dan tersertifikasi. Ekstraksi komedo yang dilakukan tanpa tenaga profesional dapat menyebabkan memburuknya kondisi kulit Anda di kemudian hari," katanya.

Ditambahkannya pula perawatan kulit tidak hanya facial. Kulit pada usia tertentu perlu dirawat dengan cara perawatan antiaging yang bisa membuat kelihatan kulit terlihat muda dan bisa dilengkapi dengan skin booster, face contour, yang hasilnya akan membuat kulit lebih sehat.