Bagikan:

YOGYAKARTA – Sekual film genre science fiction yang disutradarai James Cameron boyong piala Best Visual Effect di Academy Awards ke-95. Avatar: The Way of Water, masuk empat nominasi Oscar 2023. Diantaranya Best Sound, Best Production Design, Best Picture, disamping Best Visual Effect.

Sejak satu dekade setelah film pertama dirilis, sekuel pertama dari empat sekuel yang direncanakan ini berkisah tentang keluarga baru Jake (Sam Worthington) dan Neytiri (Zoe Saldaña). Tragedi, pertempuran, dan perjuangan untuk tetap hidup dikemas apik dalam film dengan sentuhan CGI yang dirilis 2022 kemarin. Sejumlah kritikus film unjuk suara, menganggap plot Avatar: The Way of Water terlalu sederhana.

avatar the way of water oscar 2023
Ilustrasi pengambilan gambar film Avatar: The Way of Water (Sumber: imdb)

Efek visual tak cela, seperti sekuel sebelumnya yang dinilai menakjubkan. Setelah mengembangkan teknologi baru untuk memfilmkan adegan di bawah air, upaya dilakukan untuk menghidupkan Avatar: The Way of Water nyaman ditonton di layar. Memburamkan garis antara apa yang nyata dan CGI, film ini berhasil merampungkan tugas berat yang membuat Anda lupa bahwa Anda sedang melihat gambar yang dihasilkan komputer.

Disutradarai oleh James Cameron, Avatar: The Way of Water dibintangi oleh Sam Worthington, Zoe Saldaña, Stephen Lang, Joel David Moore, CCH Pounder, Giovanni Ribisi, Dileep Rao, dan Matt Gerald. Masing-masing pemeran menampilkan kembali peran mereka dari sekuel sebelumnya. Sigourney Weaver kembali sebagai karakter baru. Anggota pemeran baru termasuk Kate Winslet, Cliff Curtis, Edie Falco, Jemaine Clement, dan Brendan Cowell.

avatar the way of water oscar 2023
Ilustrasi Avatar: The Way of Water boyong Best Visual Effect di 95th Academy Awards Oscar 2023 (Sumber: Deadline)

Melansir MovieWeb, Senin, 13 Maret, Avatar: The Way of Water merupakan film berpenghasilan kotor tertinggi tahun 2022 dan film berpenghasilan kotor tertinggi ketiga sepanjang masa. Tiga sekuel selanjutnya telah diberi tanggal rilis, dengan beberapa tindak lanjut dijadwalkan akan dirilis masing-masing pada 20 Desember 2024, 18 Desember 2026, dan 22 Desember 2028.