Biar <i>Gak</i> Garing, 5 Jenis Pohon Ini Cantik untuk Hias Teras Rumah
Ilustrasi tanaman hias pohon untuk teras rumah (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Memiliki teras rumah yang asri dan jauh dari garing, tentu akan menyenangkan. Bahkan bisa memberikan keteduhan atau jika pilihan tanaman yang menghias berbuah, juga akan lebih bermanfaat sebagai penyokong pangan rumah tangga. Apakah Anda tertarik menghias teras rumah dengan menanam pohon cantik yang berukuran tidak terlalu besar? Berikut daftar tanamannya.

1. Citrus japonica

Dikenal juga dengan sebutan pohon kumquat, tanaman ini bisa ditanam di pot atau tanah. Kalau di tanah bisa tumbuh hingga 6-8 kaki. Tetapi kalau ditanam dalam pot besar, umumnya jauh lebih kecil ukurannya.

Kumquat berdaun hijau gelap dan bunga oranye yang berubah menjadi buah yang bisa dimakan. Kumquat pot membuat aksen teras dengan mekarnya yang harum dan buah jeruk cerah. Mereka harus dipindahkan ke dalam ruangan selama musim dingin di zona 8 ke bawah. Selain itu, disarankan untuk merepotingnya setiap dua hingga tiga tahun ke dalam wadah yang sedikit lebih besar. Juga, pupuk mereka sepanjang musim tanam.

tanaman hias pohon untuk teras rumah
Ilustrasi pohon maple jepang untuk teras rumah (Freepik/ilovehz)

2. Maple jepang

Pohon maple jepang bisa tumbuh hingga 15 kaki. Mereka tumbuh dengan baik di tanah maupun pot dan wadah. Kalau diletakkan dalam wadah, perlu rutin repotting dua tahun sekali. Maple jepang merupakan salah satu tanaman pohon terbaik dengan cabang yang halus dan daunnya seperti benang. Varietas maple jepang yang bisa menghias teras Anda, antara lain Dissectum, Red Dragon, Burgundy Lace, Crimson Queen, Butterfly, dan Mikawa Yatsubusa.

3. Ficus

Anda tentu sangat familiar dengan tanaman pohon untuk teras yang satu ini. Kalau di tanah, tanaman ini bisa tumbuh dengan liar hingga 50 kaki. Untuk mengontrol pertumbuhannya, perlu dipangkas secara rutin.

Daun ficus berwarna hijau cerah Ketika masih muda. Tetapi semakin menua warnanya hijau gelap. Ficus benjamina, atau weeping fig, ialah tanaman teras serbaguna yang mudah bertransisi dari dalam ruangan ke luar ruangan. Ficus akan subur apabila dipupuk bulanan selama musim tanam.

tanaman hias pohon untuk teras rumah
Ilustrasi pohon untuk teras rumah (Freepik/ilovehz)

4. Palem kipas atau Chamaerops humilis

Siluet pohon palem ini seperti kipas, tetapi ada beberapa spesies lain yang cocok untuk teras yang kecil. Diantaranya, palem kerdil (Phoenix roebelenii), palem surga (Howea forsteriana), palem lady (Rhapis excelsea), palem kipas cina (Livistona chinensis), palem kincir angin (Trachycarpus fortunei).

5. Pinus

Pohon pinus daunnya selalu hijau sehingga dapat menyegarkan pemandangan teras rumah Anda. Dengan pemangkasan yang rutin, Anda dapat menjaga pinus tetal kecil. Beberapa spesies pinus cocok untuk teras atau dek. Termasuk pinus lacebark (Pinus bungeana), pinus batu Swiss yang selalu hijau (Pinus cembra), dan pinus merah Jepang yang selalu hijau (Pinus densiflora).

Pohon pinus umumnya membutuhkan sedikit perawatan. Cukup sirami pohonnya selama musim kering yang berkepanjangan, dan pupuk setiap tahun jika tanah Anda buruk.

Itulah kelima tanaman pohon untuk menghias teras rumah. Adakah di antara rekomendasi di atas yang ingin Anda tanam?