6 Tips Atasi Frustasi Seksual dalam Kehidupan Pernikahan
Ilustrasi (Sinitta Leunen/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Pernahkah Anda mendengar istilah frustasi seksual? Jika belum, frustasi seksual merupakan kondisi ketidakpuasan yang berasal dari perbedaan antara aktivitas seksual yang diinginkan dan dicapai seseorang. 

Frustasi seksual  bisa terjadi ketika pasangan tidak bisa orgasme, serta hilangnya libido karena berbagai alasan. Nah, apabila sekarang Anda sedang menghadapi masalah frustasi seksual, berikut beberapa cara mengatasinya, dilansir VOI dari Times of India, Kamis, 9 Februari.

Kardio

Latihan kardio dapat membantu Anda menjernihkan pikiran dan menghilangkan stres. Saat Anda berlari, tubuh melepaskan endorfin yang berfungsi memperbaiki mood dan melepaskan semua energi yang terpendam akibat kebutuhan seksual yang tidak terpenuhi.

Terhubung secara fisik tanpa seks

Mengatasi frustasi seksual tidak harus dilakukan dengan berhubungan seksual. Anda bisa berlatih sentuhan dengan pasangan, seperti berpegangan tangan, memeluk pasangan, dan membelai wajahnya dengan penuh kasih sayang. Sentuhan telah terbukti secara ilmiah membuat seseorang merasa nyaman dan menghubungkan dan membuat pasangan terkoneksi lebih baik satu sama lain.

Identifikasi penyebabnya

Pikirkan tentang alasan mengapa frustasi seksual bisa terjadi dalam kehidupan Anda dan pasangan. Anda mungkin harus memikirkannya secara serius karena ada alasan mental dan emosional yang mendalam mengapa Anda lari dari seks atau ada alasan mengapa pasangan tidak menginginkannya. 

Coba seks solo

Seks solo artinya masturbasi dan penggunaan beberapa sex toys untuk membantu Anda mencapai kepuasan. Frustrasi seksual seringkali bersifat sementara. Jadi, melepaskan gairah dengan cepat dapat membantu mengekang keinginan langsung untuk berhubungan seks. Ini juga dapat mengarah pada hubungan seksual yang lebih baik di masa depan.

Berkomunikasilah dengan pasangan

Jika Anda merasa tidak mendapatkan cinta dan perhatian yang dibutuhkan dari pasangan, bicara dengannya tentang hal itu. Ekspresikan perasaan Anda dan tanyakan apa yang Anda butuhkan. Tak harus sesuatu yang bersifat seksual, bahkan hanya bahu untuk menangis saja sudah cukup. Ini bisa menyelesaikan banyak masalah, terutama kehidupan seks yang tidak terpenuhi.

Periksa kandungan obat

Seringkali Anda tidak menyadari hal ini, tapi ada obat-obatan yang memiliki efek samping seperti menurunkan gairah seksual. Obat-obatan ini biasanya ditemukan di obat pengontrol tekanan darah dan obat-obatan seperti antipsikotik.