Nenek Ini Jual Kuku Panjangnya di Facebook Seharga Rp670 Juta
Yani Williams menjual kuku-kuku panjangnya di Facebook (Foto: Daily Star)

Bagikan:

JAKARTA - Yani Williams, dari Houston, Texas, memecahkan rekor sebagai pemilik kuku terpanjang di dunia. Kini, ia menjual kuku-kuku tersebut dengan harga fantastis.

Setelah menghabiskan hampir tiga dekade menumbuhkan kuku jarinya sepanjang 38 inci, atau lebih dari 18 kaki, nenek eksentrik ini memutuskan untuk menjualnya.

Sang nenek berharap dirinya mendapatkan 35 ribu poundsterling (Rp670 juta) dari penjualan kukunya dan dia telah mengiklankannya di Facebook.

Perempuan 54 tahun itu mengatakan, dengan kukunya yang tidak lazim itu, ia kesulitan ketika mengendarai mobil, mengancingkan celana jinsnya, dan yang paling penting, menyuntikkan insulin karena dia menderita diabetes.

"Saya telah memutuskan untuk menjualnya saat saya berpisah dari suami saya enam tahun lalu dan sulit karena tidak ada orang di sekitar saya untuk membantu saya lagi," kata Yani dilansir dari Daily Star, Kamis, 31 Desember.

Yani Williams dengan kuku panjangnya (Foto: Daily Star)

"Saya menderita diabetes sekarang dan sulit untuk menyuntik diri saya sendiri."

Si nenek hanya berniat menjual kukunya dengan harga yang tepat. Dia sudah mendapatkan tawaran, tetapi harganya terlalu rendah.

Ibu lima anak itu hanya mendapat tawaran 75 poundsterling (Rp1,4 juta) per kuku. Menurutnya, itu tidak cukup: "Saya tidak akan memotongnya sampai saya mendapatkan penjual yang tepat. Mereka akan terus tumbuh sampai saat itu."

Yani mulai menumbuhkan kukunya pada tahun 1992. Ketika dia memulainya butuh waktu untuk mendapat dukungan dari pria yang kemudian menjadi suaminya. 

"Awalnya dia tidak mendukung tetapi seiring waktu dia jatuh cinta dengan kuku saya. Hal pertama yang saya perhatikan ketika kuku ini mulai bertambah panjang adalah bahwa saya tidak bisa mencuci piring lagi dan saya membutuhkan suami saya untuk membantu saya di sekitar rumah tetapi tampaknya itu harga yang murah untuk dibayar."

Melapisi kukunya dengan akrilik agar lebih kuat, Yani mengatakan butuh waktu hingga lima hari untuk mengecat kesepuluh kuku dengan warna baru.

Pada tahun 2018, Guinness World Records mengukur kuku-kuku Yani, memastikan panjang totalnya adalah 18 kaki 10,9 inci.

Rekor ini sebelumnya dipegang oleh Christine "The Duchess" Walton, yang memotong kukunya pada panjang total 23 kaki 11 inci.

Kini, kuku Yani bahkan lebih panjang lagi, tiap kuku bervariasi antara 28 hingga 38 inci.