Berdasarkan Budaya Minum Teh di Inggris, Ini Waktu Minum Terbaik dan Jenisnya
Ilustrasi waktu minum teh terbaik berdasarkan budaya di Inggris (Freepik/pressphoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Jika Anda penyuka teh, tentu tak asing dengan tradisi minum teh baik di Jepang maupun di Inggris. Kalau di Jepang, umumnya menggunakan racikan teh segar. Sedangkan di Inggris, dalam sehari dapat dua hingga tiga kali. Lantas kapan waktu minum teh terbaik berdasarkan budaya di Inggris?

Di Inggris memiliki cara dalam menikmati teh. Selain jenis tehnya, waktunya pun juga dipertimbangkan. Nah, waktu dan jenis teh, dibedakan menjadi berikut ini.

1. Afternoon tea

Menikmati afternoon tea biasanya dilakukan pada sore hari, tepatnya pada pukul 4. Bersamaan dengan teh, disajikan makanan ringan, roti dan mentega, kue, dan buah. Nah, uniknya teh sore dianggap sebagai momen yang nyaman dan tenang untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Teh sore disajikan dengan teko khusus dan barang pecah belah lainnya. Biasanya, disertai tatakan porselen, sendok dan garpu perak, mangkuk dan peralatan saji, serta teko dengan tampilan sangat formal.

Teh yang kerap disajikan pada sore hari tak lepas dari industri teh di Inggris. Teh yang disajikan merupakan jenis teh campuran, mulai dari teh hitam, earl grey, darjeeing, ceylon, dan biasanya dicampur beberapa bahan. Seperti bergamot serta sejenis jeruk atau beberapa rempah herbal yang memberikan rasa dan aroma unik.

waktu minum teh terbaik berdasarkan budaya di inggris
Ilustrasi waktu minum teh terbaik berdasarkan budaya di Inggris (Freepik/pvproductions)

2. High tea

Sedikit berbeda dengan afternoon tea, momen high tea pada waktu lebih petang, tepatnya pada pukul 5 hingga 6. Selain itu, sajian yang dihidangkan bersama seduhan high tea lebih berat dan hangat, seperti daging, keju, scone, atau kue kering. Pilihan teh yang di-blend juga berbeda, di antaranya yang memberikan rasa dan aroma kuat ketika dipadukan dengan makanan. Banyak yang beranggapan bahwa budaya minum pada waktu petang ini merupakan kebiasaan para pekerja.

3. Dinner

Saat malam hari, teh juga disajikan pada meja-meja hidangan makan malam. Melansir laman studio teh The London Drum, Jumat, 13 Januari, tea ini hanya sebutan sebagai momen makan malam bagi nenek moyang orang Australia dari Inggris.

4. Cream tea

Cream tea atau teh krim, jauh lebih ringan daripada Afternoon tea. Secara tradisional hanya terdiri dari teh, scone, selai, dan krim. Krim yang disajikan ialah krim beku atau clotted cream yang merupakan krim kuning berkerak, berasal dari kawasan barat daya Inggris. Di kawasan tersebut terhampar padang rumput sehingga memungkinkan sapi menghasilkan susu dengan kandungan lemak yang tinggi.

waktu minum teh terbaik berdasarkan budaya di inggris
Ilustrasi waktu minum teh terbaik berdasarkan budaya di Inggris (Freepik)

5. Strawberry tea

Strawberry tea atau teh stroberi adalah pilihan lain di samping cream tea. Teh stroberi biasa dihidangkan bersama selai, krim beku, dan tentu saja buah stroberi. Ada juga yang memiliki cara penyajian unik, yaitu dengan memasukkan potongan stroberi dalam teh seduh dari teh hitam, teh hijau, dan teh herbal.

Soal waktu penyajian, bisa dinikmati tatkala udara sedang panas maupun dingin. Untuk memberikan sentuhan rasa manis, bisa ditambahkan dengan madu atau gula sesuai selera.

Minum teh pagi hari atau morning tea, tergantung preferensi setiap orang. Karena minum teh pagi di Inggris tidak formal seperti high tea dan afternoon tea. Beberapa yang mungkin menikmati secangkir teh pada pagi hari, ditujukan untuk memulai hari yang segar. Biasanya, teh yang diminum adalah campuran teh hitam dicampur bergamot dan tanpa campuran gula, krim, maupun susu. Beberapa orang menambahkan seiris lemon untuk memberikan kesegaran.

Itulah jenis teh dan waktu minum teh terbaik serta hidangan yang disajikan bersama ketika minum teh. Kalau Anda penyuka teh, mana yang paling favorit?