Bagikan:

YOGYAKARTA - Apa yang diketahui pelanggan tentang Anda? Apakah mereka tahu Anda menjual produk dan memiliki situs web? Itu tidak selalu cukup untuk membangun identitas merek yang beresonansi dengan pembeli dan menetapkan merek Anda sebagai pilihan yang tepat. Lalu bagaimana cara membuat company profile?

Orang-orang yang menemukan Anda secara online ingin mengetahui tentang misi, visi perusahaan Anda, dan, tentu saja, bagaimana Anda dapat membantu mereka memecahkan masalah mereka. Dan, kesan pertama yang berkesan dan berkesan dapat membantu Anda menonjol di dunia digital.

Bagaimana Anda dapat memastikan bahwa mereka memiliki semua informasi itu di ujung jari mereka? Nah, profil perusahaan adalah alat yang sempurna untuk pekerjaan itu.

Cara Membuat Company Profile

Ilustrasi (Gambar NordWood Themes - Unsplash)

 

Apa itu profil perusahaan?

Profil perusahaan atau company profile adalah pengantar tertulis untuk perusahaan yang memberi tahu pembaca tentang aktivitas, misi, tujuan, dan kekuatannya. Seringkali, profil perusahaan menyertakan kisah pendirian perusahaan dan menjelaskan produk atau layanannya.

Dalam bisnis yang lebih kecil, pemilik perusahaan dapat menulis profil perusahaan. Namun, perusahaan besar dapat menugaskan karyawan untuk tugas ini. Profil perusahaan dapat memenuhi tujuan berikut:

Pendanaan: Profil perusahaan dapat memberi calon investor informasi yang mereka butuhkan untuk memutuskan apakah akan menyediakan pendanaan untuk perusahaan.

Membangun merek: Anda dapat menggunakan profil perusahaan untuk memberi tahu pengguna situs web dan media sosial tentang misi, nilai, dan asal perusahaan Anda.

Rekrutmen: Profil perusahaan, mirip dengan Halaman Perusahaan di Indeed, membantu Anda mempromosikan perusahaan Anda kepada calon karyawan berbakat dan menonjolkan keunikan perusahaan Anda.

Tidak ada panjang yang ditetapkan untuk profil perusahaan. Beberapa profil hanya sesingkat dua halaman, sementara yang lain mencapai 10 halaman atau lebih. Durasi ini dapat bergantung pada sejumlah faktor, termasuk audiens profil perusahaan, usia perusahaan, dan ukurannya.

Cara membuat profil perusahaan

Di bawah ini adalah daftar langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk menulis profil perusahaan:

Identifikasi tujuan profil

Sebelum Anda mulai menulis profil perusahaan, penting untuk mengidentifikasi tujuannya. Profil perusahaan dapat mencakup elemen yang berbeda tergantung pada audiens target dan tujuan akhir mereka.

Setelah Anda mengidentifikasi tujuan profil, Anda dapat memikirkan elemen untuk digabungkan yang menekankan tujuan tersebut. Berikut adalah beberapa elemen yang perlu dipertimbangkan termasuk dalam profil:

Nilai-nilai perusahaan: Apakah Anda sedang menulis profil untuk merekrut investor atau melibatkan pelanggan, Anda dapat menyertakan bahasa yang menjelaskan nilai-nilai perusahaan.

Nilai produk: Terutama jika Anda sedang menulis profil perusahaan untuk investor, Anda dapat menggunakan profil tersebut sebagai peluang untuk menunjukkan nilai produk di antara audiens target perusahaan.

Kinerja: Anda juga dapat menggunakan profil perusahaan sebagai peluang untuk menggambarkan kinerja perusahaan, termasuk pendapatannya.

Pilih gaya dan format untuk profil perusahaan

Selanjutnya, Anda dapat memutuskan gaya dan struktur profil. Ini dapat membantu Anda mengatur informasi dengan cara yang mudah dibaca dan menarik untuk dilihat pembaca. Salah satu pilihan populer untuk pemformatan profil perusahaan adalah menggunakan serangkaian subjudul untuk mengatur informasi.

Masukkan informasi kontak

Anda dapat memulai profil perusahaan dengan memasukkan nama perusahaan, situs web, dan informasi kontak. Ini dapat memungkinkan pembaca untuk melakukan lebih banyak penelitian ke dalam perusahaan. Jika Anda menulis profil untuk calon investor, ini juga dapat memastikan mereka memiliki cara untuk menghubungi seseorang di perusahaan tentang pendanaan.

Sertakan pernyataan misi perusahaan

Di bagian selanjutnya dari profil perusahaan, Anda dapat memasukkan pernyataan misi perusahaan. Pernyataan misi menggambarkan tujuan dan nilai-nilai perusahaan. Berikut adalah elemen dari pernyataan misi yang kuat:

Audiens sasaran: Pernyataan misi yang kuat menggambarkan pasar konsumen utama yang ditargetkan perusahaan.

Produk atau layanan: Pernyataan misi juga dapat memperjelas produk atau layanan apa yang ditawarkan perusahaan.

Perbedaan: Terakhir, pernyataan misi dapat menggambarkan apa yang membuat produknya unik di pasarnya.

Contoh pernyataan misi untuk mekanik: "Menyediakan layanan pelanggan yang tak tertandingi kepada pemilik mobil melalui hubungan yang kuat yang mendorong rasa kebersamaan."

Tulis tentang sejarah perusahaan

Banyak profil perusahaan menyertakan kisah singkat pendirian perusahaan. Anda dapat memformat informasi ini ke dalam garis waktu atau menulis paragraf pendek yang memberi lebih banyak wawasan tentang motivasi untuk mendirikan perusahaan. Anda dapat mencantumkan tanggal dan lokasi pendirian perusahaan di area profil perusahaan ini.

Jelaskan produk dan layanan

Selanjutnya, Anda bisa memberikan gambaran tentang produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan. Ini bisa berupa daftar lengkap, ringkasan produk terlaris perusahaan, atau deskripsi yang lebih luas tentang jenis produk yang dijual perusahaan.

Sertakan penghargaan dan pengakuan

Di bagian selanjutnya dari profil, Anda dapat mencantumkan atau mendeskripsikan penghargaan dan pengakuan lain yang diperoleh perusahaan. Ini dapat membantu Anda menggunakan profil perusahaan untuk menunjukkan nilai dan prestise perusahaan dalam industri dan komunitasnya.

Informasi keuangan

Jika audiens utama profil perusahaan adalah investor, Anda juga dapat menyertakan bagian di profil untuk informasi keuangan perusahaan, antara lain sebagai berikut:

Target keuangan: Memasukkan sasaran perusahaan ke dalam profil dapat menunjukkan kepada investor bahwa eksekutif dan manajemen perusahaan termotivasi untuk meningkatkan pendapatan.

Strategi: Selain tujuan keuangan, profil perusahaan juga dapat menunjukkan rencana perusahaan untuk mencapai tujuan tersebut.

Kinerja masa lalu: Perusahaan juga dapat memasukkan kinerja masa lalu mereka di profil mereka untuk menunjukkan rekam jejak perusahaan.

Demografi

Jenis informasi lain yang dapat Anda masukkan ke dalam profil perusahaan adalah demografinya, termasuk:

Jumlah karyawan: Memasukkan jumlah karyawan dapat menunjukkan ukuran perusahaan kepada pembaca.

Statistik keragaman: Jika perusahaan berkomitmen terhadap keragaman, itu dapat mencakup statistik untuk susunan ras, usia dan jenis kelamin karyawannya dan mendiskusikan tujuan dan strategi untuk meningkatkan statistik ini.

Sertakan testimonial

Anda juga dapat menyertakan bagian testimonial dari pelanggan atau karyawan di profil perusahaan Anda. Ini dapat membantu Anda menunjukkan bahwa perusahaan memberikan budaya positif kepada karyawan atau kepuasan kepada pelanggan. Kesaksian dapat berupa kutipan sederhana dari seseorang tentang pengalaman mereka dengan perusahaan, bersama dengan nama dan gelar mereka. Anda juga dapat menyertakan foto dengan testimonial.

Tips menulis company profile

Berikut tips yang dapat Anda ikuti untuk membuat profil perusahaan unggul:

Gunakan subjudul: Anda dapat membuat subjudul untuk setiap bagian profil perusahaan untuk mengatur informasi dengan cara yang mudah dipahami pembaca.

Sertakan logo: Menyertakan logo perusahaan Anda di profil dapat mempromosikan pengenalan merek dan bertindak sebagai elemen desain untuk dokumen tersebut.

Pertimbangkan elemen desain: Font, warna, grafik, dan ruang putih dapat menentukan desain profil perusahaan. Anda dapat mengikuti gaya branding perusahaan Anda untuk mencapai desain profil perusahaan yang kohesif.

Koreksi profil: Sebelum Anda mendistribusikan profil perusahaan, pastikan untuk menggunakan perangkat lunak pemeriksa ejaan untuk memastikan tidak ada kesalahan pada profil. Ini dapat membantu profil Anda tampak bersih dan profesional bagi pembaca.

Jadi setelah mengetahui cara membuat company profile, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!