Kegiatan sebelum Tidur yang Dilakukan Bersama Buah Hati untuk Membangun Ikatan Emosional
Ilustrasi kegiatan sebelum tidur bersama buah hati (Freepik/master18526052)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Mumpung akhir pekan yang merupakan hari paling luang daripada hari kerja, orang tua bisa melakukan aktivitas bersama anak-anaknya. Tujuan melakukan ritual sebelum tidur bersama, adalah untuk membangun ikatan emosional.

Rutinitas sebelum tidur yang baik dapat menghasilkan kesejahteraan. Tetapi lebih dari kesejahteraan, melansir mindbodygreen, Sabtu, 10 Desember, sebelum tidur adalah waktu terbaik untuk menjalin ikatan. Kegiatan sebelum tidur sebenarnya bukan tugas, tetapi momen yang bisa diisi dengan aktivitas berharga bersama buah hati. Apa saja yang bisa dilakukan, berikut daftarnya.

1. Membuat daftar terima kasih

Salah satu hal yang perlu diajarkan pada anak-anak adalah praktik syukur. Anda bersama buah hati bisa meluangkan waktu sejenak untuk membuat daftar lima hal yang disyukuri. Baik mereka masih berusia lima tahun atau lebih besar lagi, melakukan aktivitas ini dapat menumbuhkan rasa senang, syukur, dan bermanfaat. Bahkan menurut penelitian dapat membantu mendapatkan kualitas tidur dan durasi tidur lebih baik.

kegiatan sebelum tidur bersama buah hati
Ilustrasi kegiatan sebelum tidur bersama buah hati (Freepik/gpointstudio)

2. Meditasi bersama

Meditasi bersama dilakukan sebelum tidur bersama buah hati ini, tujuannya untuk melatih pernapasan perut yang lambat. Agar lebih menyenangkan, Anda bisa meletakkan boneka di perut anak Anda. Tantang mereka untuk menggerakkan boneka lebih tinggi dan lebih rendah.

3. Membaca buku cerita

Penelitian membuktikan bahwa kegiatan sebelum tidur juga dapat mengurangi stres orang tua. Termasuk membacakan anak Anda buku cerita. Biarkan anak-anak memilih cerita yang ingin dibacakan. Kemudian bacakan dengan penuh ekspresi. Jika memungkinkan, atur pencahayaan kamar lebih redup supaya suasana nyaman.

4. Merapikan tempat tidur

Sebelum merasakan kenyamanan, Anda dan buah hati perlu mengatur ruang terlebih dahulu. Sapu kasur agar tak ada debu, rapikan selimut, dan atur pencahayaan ruangan. Perlu Anda ketahui, kenyamanan bisa menentukan kualitas bonding bersama anak-anak lho. Itu berarti, pastikan anak-anak dan Anda merasa nyaman kemudian lakukan beberapa aktivitas di atas kasur bersama mereka.

Itulah kegiatan sebelum tidur yang bisa dilakukan bersama buah hati. Kalau Anda rutin melakukannya, ikatan emosional akan semakin kuat.