Cerita Govin, Selebgram Asal Medan Hasilkan Uang dari Hobi Traveling
Foto: Instagram @govinzulhelmi

Bagikan:

JAKARTA - Traveling tidak selalu menghabiskan uang, namun bisa menjadi lahan cuan yang bisa coba. Seperti yang dilakukan Govin Zulhelmi, salah seorang konten kreator asal Medan.

Govin memulai perjalanan sejak 2019. Dia aktif mengabadikan momen di akun YouTube, aktif melakukan perjalanan, hingga kini dapat endorse produk.

Govin memulai perjalanannya dari destinasi lokal. Ia tertarik mengulas cerita lokal dan mengabadikannya lewat video untuk di upload di YouTube pribadinya. Sejak itu, Govin kerap mendapat penghasilan dari berbagai macam produk.

"Hasilnya itu aku bisa memulai perjalanan ke Kuala Lumpur, Malaysia. Saya menyinggahi pantainya," kata Govin dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Minggu 13 November

Bagi Govin, pantai adalah tempat favorit saat melakukan petualangan. Langkah itu kemudian membawanya menjelajah dari pulau Sabang, Jawa, hingga Lombok. Ia bahkan berkeinginan untuk mengeksplorasi Indonesia timur.

Govin menceritakan, perjalanannya selama ini ke berbagai tempat wisata membentuk dirinya menjadi seorang konten kreator. Baginya, perencanaan keuangan penting dilakukan sebelum memutuskan bepergian.

Untuk mendapatkan penghasilan, ia biasanya menerima tawaran endorse dari brand produk.

"Saya juga sebagai karyawan di salah satu perusahaan yang ada di Medan. Untuk biaya perjalanan saya gunakan dari penghasilan kerjasama dengan brand dan punya usaha sate taichan untuk menambah uang pemasukan setiap bulan," ujarnya.

Sebagai seorang solo traveller, Govin biasa mencari tiket pesawat murah. Untuk mendapatkan tiket murah butuh perjuangan.

"Saya aktif mencari dan membandingkan semua aplikasi yang ada. Saya biasa mencari di waktu yang pas untuk dapat harga murah, karena penerbangan murah itu di tengah malam," ungkapnya.

Kata Govin, tips untuk melakukan liburan murah adalah memanfaatkan diskon pembayaran di aplikasi. Untuk transportasi, ia menyarankan untuk sewa kendaraan. Apalagi jika bisa melakukan penawaran lebih murah agar kantong tidak jebol.

"Saya lebih suka nyewa kendaraan dan suka nawar.Kalau anak solo traveling biasanya jago nawar. Jangan malu nawar ya," ujarnya.