8 Artis Indonesia Ini, Ternyata Keturunan Pahlawan Nasional
Ilustrasi artis Indonesia keturunan pahlawan nasional, Dian Sastrowardoyo (Sumber foto: dok. VOI)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Hari Pahlawan diperingati pada tanggal 10 November setiap tahunnya. Tak dinyana, ternyata sejumlah artis Indonesia memiliki garis keturunan pahlawan nasional. Adakah yang Anda idolakan? Yuk intip daftarnya berikut ini.

artis indonesia keturunan pahlawan nasional
Dian Sastrowardoyo, artis Indonesia keturunan pahlawan nasional (Sumber foto: dok. VOI)

1. Dian Sastrowardoyo

Dian Sastro, panggilan singkat untuk pemeran Aruna dalam film Aruna dan Lidahnya ini, merupakan cucu keponakan dari Prof. Mr. Sunario Sastrowardoyo. Saat usianya masih belia, ia mengaku pernah bertemu kakeknya yang dikenal sebagai salah satu tokoh aktif dalam peristiwa Manifesti 1925 dan Kongres Pemuda II yang pernah menjabat sebagai pengurus Perhimpunan Indonesia di Belanda.

artis indonesia keturunan pahlawan nasional
Maia Estianty, artis Indonesia keturunan pahlawan nasional (Sumber foto: dok. VOI)

2. Maia Estianty

Punggawa Duo Maia, Maia Estianty ialah cicit dari pahlawan nasional sekaligus pemimpin abadi Sarekat Islam (SI) Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto. Tjokroaminoto lahir pada 1914 dan wafat pada 17 Desember 1934. Semasa hidupnya, beliau memegang kendali salah satu organisasi massa terbesar dalam sejarah pergerakan nasional. Selain itu, beliau juga menjadi teladan bagi tokoh-tokoh Nasional, termasuk Soekarno, Semaoen, Musso, hingga maridjan Kartosoewirjo.

artis indonesia keturunan pahlawan nasional
Asri Welas, artis Indonesia keturunan pahlawan nasional (Sumber foto: dok. VOI)

3. Asri Welas

Indonesia memiliki sejarah panjang dalam perjuangan melawan penjajah. Tentu mengenal lekat Pangeran Diponegoro, seorang pemimpin Perang Jawa pada periode 1825 – 1830 melawan pemerintahan Hindia Belanda. Asri Welas, merupakan keturunan ke-7 dari Pangeran Diponegoro.

artis indonesia keturunan pahlawan nasional
Celine Evangelista, artis Indonesia keturunan pahlawan nasional (Sumber foto: dok. VOI)

4. Celine Evangelista

Cicit dari H. Fideli Luran, salah satunya Celine Evangelista. Kakek buyut aktris, model, dan penyanyi ini, merupakan tokoh pemersatu dan penyebar agama Islam di Makassar.

artis indonesia keturunan pahlawan nasional
Dewi Yull, artis Indonesia keturunan pahlawan nasional (Sumber foto: Spotify)

5. Dewi Yull

RM Tirto Adhisoerjo merupakan kakek buyut Dewi Yull. Beliau adalah tokoh pers dan kebangkitan nasional Indonesia. Semasa perjuangannya, RM Tirto Adhisoerjo merintis surat kabar dan kewartawanan nasional Indonesia.

artis indonesia keturunan pahlawan nasional
Karina Salim, artis Indonesia keturunan pahlawan nasional (Sumber foto: Herald)

6. Karina Salim

Karina Salim merupakan selebriti Indonesia keturunan pahlawan nasional. Kakek buyutnya ialah H. agus Salim yang ditetapkan sebagai salah satu Pahlawan Indonesia pada 27 Desember 1961. Beliau pernah menjabat Menteri Luar Negeri pada era presiden Ir. Soekarno.

artis indonesia keturunan pahlawan nasional
Ashanty, artis Indonesia keturunan pahlawan nasional (Sumber foto: dok. VOI)

7. Ashanty

Aktris Ashanty adalah cucu dari sosok Prof. DR. KH. Abdullah Siddik, SH., yang pernah diusulkan oleh masyarakat Bengkulu sebagai Pahlawan Nasional. Beliau merupakan sosok penting yang aktif dalam Jong Islamieten Bond bersama Agus Salim. Pernah juga menjabat sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Sumatera dan merangkap Mahkamah Tentara Republik Indonesia dengan pangkat Kolonel.

artis indonesia keturunan pahlawan nasional
Nia Dinata, artis Indonesia keturunan pahlawan nasional (Sumber foto: Dewi)

8. Nia Dinata

Otto Iskandardinata dijuluki ‘si Jalak Harupat’ yang menjabat posisi penting di Budi Utomo, Paguyuban Pasundan, dan Volksraad (Dewan Rakyat). Beliau juga pernah memimpin surat kabar Tjahaja dan menjadi anggota BPUPKI dan PPKI. Nia Dinata, seorang sutradara film Ca Bau Kan ini, merupakan cucu dari Pahlawan Nasional Otto Iskandardinata.

Itulah kedelapan artis Indonesia yang merupakan keturunan pahlawan nasional.