Raih Rp 300 Juta dalam 3 Jam, Ini Profil Wandah Basudara: YouTuber yang Buka Saweran untuk Bantu Sesama
Windah Basudara (Foto: IG @windahbersaudara)

Bagikan:

JAKARTA - Nama Windah Basudara mendadak viral usai mendapatkan saweran Rp300 juta saat melakukan live streaming bersama dengan Okky Boy, Rahmat selama tiga jam. Uang tersebut didedikasian untuk membantu rahmat dan anak-anak lainnnya sekolah.

Youtuber game itu dikenal hanya membuka donasi hanya saat galang dana untuk keperluan orang lain. Kanal YouTube Windah Basudara memiliki 8,71 juta subscribers saat ini.

Padahal, Windah baru memulai kariernya di YouTube sejak akhir 2018 lalu. Dia menjadi jadi YouTuber setelah drop out dari London School of Public Relation (LSPR) jurusan Hubungan Internasional karena terkendala biaya.

Sebenarnya, nama asli YouTuber tersebut adalah Brando Franco Windah. Nama Windah Basudara diambil dari nama keluarganya yakni Windah dan Basudara. Windah adalah nama keluarga Brando, sedangkan Basudara berarti ‘bersaudara’ dalam bahasa Manado. Brando pun mengajak kedua adiknya, yaitu Caroline dan Vincent untuk membuat konten bersama.

Sayangnya, karena Caroline dan Vincent masih sibuk untuk sekolah, Brando pun harus mengembangkan channel Windah Basudara seorang diri. Berkat konsistensinya mengupload permainannya di Youtube, subscriber Brando langsung melesat.

YouTuber Windah Basudara melalui konten game-nya cukup mendapat perhatian anak-anak pada tahun 2020 lalu berkat pembawaannya dalam bermain game yang kocak. Windah pada tahun lalu sempat mendapatkan penghargaan sebagai Conten Creator game terfavorit versi Indonesia Esport Award 2021.

Di tahun yang sama ia juga mendapat gelar sebagai Content Creator of The Year dari Dunia Games Awards 2021. Ia juga menjadi brand ambassador dari Team RRQ sejak tahun 2021.

Windah Basudara dikenal sebagai YouTuber yang tidak membuka 'saweran' saat sedang melakukan live stream. Jika penonton ingin menyawer, Wandah menganjurkan saweran dialokasikan untuk penggalangan dana virtual.