Perlu Ubah Pola Makan? Ini 7 Makanan Sehat untuk Tekanan Darah Tinggi
Ilustrasi makanan sehat untuk tekanan darah tinggi (iStock/fcafotodigital)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tekanan darah tinggi ditandai dengan tekanan darah sistolik di atas 130 mm/Hg dan tekanan darah diastolik lebih dari 80 mm/Hg. Penyakit ini, perlu diatasi dengan mengubah pola hidup yang lebih sehat, termasuk mengonsumsi makanan sehat.

Sejumlah 1 miliar orang di seluruh dunia memiliki tekanan darah tinggi. Artinya, menjalani diet bergizi dan sehat sangat disarankan supaya tidak memperburuk kesehatan jantung. Melansir Healthline, Selasa, 4 Oktober, orang dengan tekanan darah tinggi direkomendasikan konsumsi makanan yang mengandung nutrisi. Secara spesifik, mengandung potasium dan magnesium yang diketahui dapat mengurangi tingkat tekanan darah. Apa saja makanan yang sehat untuk darah tinggi? Berikut ini daftarnya.

1. Buah jeruk

Terdapat berbagai jenis buah jeruk, termasuk jeruk lemon, jeruk bali, jeruk mandarin, dan lainnya. Mengonsumsi jeruk efeknya berpotensi menurunkan tekanan darah. Sebuah studi yang dilakukan pada 101 wanita Jepang, menunjukkan asupan jus lemon setiap hari yang dikombinasikan dengan berjalan kaki secara signifikan berkorelasi dengan penurunan tekanan darah sistolik.

Menurut peneliti, efek baik buah jeruk karena kandungan asam sitrat dan flavonoid lemon.  Tetapi perlu diperhatikan, buah jeruk dan jeruk bali dapat mengganggu efektivitas obat penurun tekanan darah. Artinya, perlu dikonsumsi tidak setelah minum obat.

makanan sehat untuk tekanan darah tinggi
Ilustrasi makanan sehat untuk tekanan darah tinggi (Unsplash/Brooke Lark)

2. Lobak

Lobak, khususnya lokan swiss ialah sayuran hijau yang baik untuk menyeimbangkan tekanan darah. Dalam satu cangkir lobak, atau 145 gram lobak matang, memberikan kalium 17 persen dan 30 persen magnesium. Apabila mengonsumsi lobak setiap 0,6 gram, menurut penelitian, dapat menurunkan tekanan darah sistolik 1,0 mm/Hg dan tekanan diastolik sebesar 0,52 mm/Hg.

3. Biji labu kuning

 Labu kuning atau pumpkin telah terbukti dapat mengontrol tekanan darah karena mengandung magnesium, potasium, arginin, dan asam amino. Khususnya jika konsumsi biji labu kuing, bisa menjadi obat penurun tekanan darah. Anda juga bisa memakai minyak biji labu sebagai suplemen alternatif.

4. Buah berry

Buah beri dikaitkan dengan berbagai manfaat bagi kesehatan. Potensi buah beri yang pertama, mengurangi faktor risiko penyakit jantung, termasuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Buah beri yang dikaitkan dengan efek penurun tekanan darah antara lain blueberry, raspberry, chokeberry, cloudberry, dan stroberi. Kesemuanya mengandung antosianin yang terbukti meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah. Kandungan ini mengurangi produksi molekul pembatas pembuluh darah sehingga tekanan darah menurun.

5. Wortel

Wortel yang manis, crunchy, dan bergizi dapat diolah menjadi hidangan harian. Wortel kaya akan senyawa fenolik, seperti asam klorogenat, p-coumaric, dan caffeic yang membantu mengendurkan pembuluh darah serta mengurangi peradangan. Selain itu, wortel juga membantu menurunkan tekanan darah. Untuk lebih efektif dalam menurunkan tekanan darah, wortel disarankan dimakan mentah.  

6. Seledri

Sayuran ini sangat populer sebagai penurun tekanan darah. Karena mengandung senyawa phthalides, seledri membantu menurunkan tekanan darah dan mengendurkan pembuluh darah.

7. Buah bit

Buah bit sangat bergizi karena tinggi akan nitrat, yang fungsinya membantu menurunkan tekanan darah. Beberapa penelitian menunjukkan, menambahkan jus atau hidangan dari buah bit ke dalam diet, dapat membantu mengelola tekanan darah sehat.

Itulah ketujuh makanan sehat untuk tekanan darah tinggi. Daftar di atas, bisa Anda masukkan dalam list menu harian Anda.