Studi: Tokyo Jadi Kota Terbaik untuk Tempat Tinggal
Jepang (Agathe Marty/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah penelitian mengungkap, Tokyo, Jepang menjadi kota terbaik sebagai tempat tinggal.

Menurut publikasi Global Finance yang dikutip pada hari ini, Senin, 16 November menyebutkan ranking ini berbasis dari beberapa faktor seperti ekonomi, perkembangan, interaksi budaya, lingkungan, dan kematian COVID-19.

Data ini didapatkan dari Global City Power Index yang menampilkan sudut pandang mengenai kehidupan di kota tersebut mulai dari budaya dan aksesibilitas. Sedangkan jumlah kasus COVID-19 diambil dari statistik Johns Hopkins University dan Statista.

Jepang disebut memiliki sedikit kasus kematian COVID-19 jika dibandingkan dengan populasi masyarakat di negara tersebut. Berbeda dengan Amerika Serikat dan Inggris dengan kasus COVID-19 yang terus meningkat.

Selain itu, pemerintah Tokyo memberikan banyak akses mudah bagi masyarakatnya, salah satunya program subsidi perjalanan dengan diskon 50 persen. Alhasil jumlah bantuan yang diberikan kepada turis di saat pandemi lebih ditingkatkan.

Global Finance juga mencatat kualitas hidup masyarakat di Tokyo jauh lebih baik dibandingkan kota besar di negara lainnya. Sisi metropolitan Tokyo selalu menjadi pusat perhatian bagi masyarakat Jepang di mana semua bisa ditemukan di sini termasuk berbagai invensi dan teknologi yang dilakukan.

Setelah Tokyo, di posisi kedua dan ketiga adalah kota London dan Singapura. Beberapa kota lain di Jepang juga menyusul seperti Osaka dan Fukuoka.

Jakarta juga tidak ketinggalan. Kota Jakarta menempati urutan ke-42 dari 48 kota sebagai kota terbaik untuk tempat tinggal.