<i>Perempuan Tanah Jahanam</i> Jadi Perwakilan Indonesia di Oscar 2021
Poster Perempuan Tanah Jahanam (BASE Entertainment)

Bagikan:

JAKARTA - Film Perempuan Tanah Jahanam atau Impetigore menjadi perwakilan Indonesia di ajang Oscar 2021 untuk kategori Best International Feature.

Pada hari ini, Selasa, 10 November, Joko Anwar selaku sutradara mengumumkan kabar ini melalui akun Twitter pribadinya.

Impetigore (Perempuan Tanah Jahanam) menjadi perwakilan Indonesia untuk Academy Awards ke-93,” katanya.

Perempuan Tanah Jahanam mengisahkan seorang wanita bernama Maya (diperankan Tara Basro) yang mendapat warisan sebuah rumah di pedesaan. Bersama temannya Dini (Marissa Anita), keduanya mencoba mengklaim rumah tersebut.

Tetapi di sisi lain, keduanya tidak sadar ada pihak yang mencoba membunuh Maya untuk menghapus kutukan yang menghantui desa tersebut selama bertahun-tahun.

Tahun lalu, Indonesia mengirim Kucumbu Tubuh Indahku tetapi tidak lolos untuk masuk ke nominasi.

Film ini di bawah produksi BASE Entertainment, Ivanhoe Pictures, Rapi Films, dan CJ E&M Film.

Perempuan Tanah Jahanam pertama kali ditayangkan di Festival Film Sundance pada Januari 2020. Film ini juga mendapat penghargaan Best Asian Film dalam Bucheon International Fantastic Film Festival 2020.

Di Indonesia, Perempuan Tanah Jahanam meraih banyak apresiasi dengan jutaan penonton serta berbagai nominasi di Festival Film Indonesia, di antaranya Pengarah Sinematografi Terbaik, Penulis Skenario Cerita Asli Terbaik, dan Film Cerita Panjang Terbaik.

Sementara itu, penghargaan Oscar 2021 akan diselenggarakan pada 25 April 2021. Selain Indonesia, beberapa negara lain juga sedang menyeleksi film yang akan jadi perwakilan.