Baru Pertama Kali Ajak Si Kecil Nonton di Bioskop, Ikuti 5 Tips Ini
Ilustrasi pertama kali mengajak anak nonton bioskop (iStockphoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Membawa buah hati nonton di bioskop pertama kalinya, mungkin akan menyenangkan. Tetapi kalau tidak dipersiapkan, bisa-bisa jadi bencana kecil. Oleh karena itu orang tua perlu memastikan dan merencanakan dengan baik segala halnya. Agar momen nonton film favorit sukses, berikut lima tips yang bisa dilakukan sebelum mengajak anak nonton di bioskop untuk pertama kalinya.

1. Pastikan si kecil benar-benar siap

Usia bisa jadi ukuran anak-anak telah siap diajak nonton di bioskop. Tetapi, bisa jadi ini tergantung pada anak Anda. Banyak anak-anak menonton film pertama di bioskop pada usia 3-4 tahun. Namun sejumlah orang tua menunggu sampai anak-anak mereka sedikit lebih besar, terutama mereka yang sensitif terhadap suara keras dan takut gelap.

2. Pilih film yang tepat

Memilih film yang ramah anak, wajib dilakukan orang tua. Biasanya, film berbentuk animasi, namun tak menutup kemungkinan jenis film lainnya bisa dinikmati oleh anak-anak. Selain itu, pilih film yang ceritanya lambat dengan durasi yang lebih pendek. Film ini, mungkin tidak selalu diputar di bioskop. Tetapi Anda bisa mencari informasi film apa saja yang sedang diputar, tentu saja yang ramah anak.

pertama kali mengajak anak nonton bioskop
Ilustrasi pertama kali mengajak anak nonton bioskop (iStockphoto)

3. Lewati iklan dan trailer

Sebelum film diputar, biasanya diputar iklan dan trailer film lainnya yang diproduksi atau diputar di bioskop tersebut. Ketika pemutaran iklan dan trailer, orang tua bisa memberikan arahan ke anak-anak. Atau bisa juga masuk ruang pemutaran bioskop mepet waktu diputarnya film.

4. Rencanakan dengan tepat

Sebagian besar anak kecil mood terbaiknya adalah pagi hari. Pada pagi hari, mereka juga memiliki energi penuh. Maka disarankan untuk memilih jam pemutaran sesuai kondisi si kecil. Biasanya, pada jam pemutaran pertama, diisi sesama anak-anak yang tidak akan keberatan kalau anak Anda berbicara dan bertanya di dalam ruang pemutaran bioskop. Untuk anak yang lebih besar, ajarkan etiket di bioskop. Seperti tidak berbicara, tidak membunyikan perangkat gawai, dan tidak berdiri tanpa alasan.

Ditambah lagi, pastikan anak-anak diberi makan dengan baik. Misalnya, pastikan membeli popcorn, minuman, atau permen sehingga ketika pemutaran tidak merengek minta jajan.

5. Ikuti kemauan anak

Percayalah, Anda bukan orang tua pertama yang meninggalkan ruang pemutaran ketika anak menangis, menjerit, atau kewalahan. Mungkin Anda merasa buang-buang uang ketika sudah beli tiket dan tak ingin meninggalkan ruang bioskop. Tak apa, ikuti apa kemauan anak. Hindari memaksa anak untuk mengikuti kemauan Anda. Di sisi lain, berikan waktu untuk anak dalam mempersiapkan diri duduk di lobby. Selain itu, beri arahan atau gambaran bagaimana kondisi di dalam ruang bioskop agar mereka lebih siap.