Rima Melati Tutup Usia setelah Berjuang Melawan Dekubitus, Ketahui Fakta Tentang Penyakitnya
Ilustrasi Aktris senior Rima Melati (Instagram)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Rima Melati, aktris senior, tutup usia pada hari ini setelah lama berjuang melawan penyakitnya. Dikabarkan oleh menantu, Marisa Tumbuan, bahwa sang ibu mertua meninggal pada Kamis, 23 Juni, 2022 pada pukul 15.14 di RSPAD Jakarta Pusat.

Telah diketahui sejak lama bahwa peraih aktris terbaik dalam Festival Film Indonesia dalam film Intan Berduri, ini mengidap penyakit dekubitus. Perempuan berbakat ini meninggalkan dua orang anak, Aditya Tumbuan dan Henneke Adinda Tumbuan.

Beberapa waktu lalu, Rima Melati dikabarkan dirawat di rumah sakit. Aktris Widyawati dan Jenny Rachman memaparkan kondisinya ketika dirawat. Widyawati menerangkan bahwa penyakit dekubitus merupakan luka yang dialami kalau terlalu lama tidur. Luka tersebut menyebar ke mana-mana sehingga membutuhkan perawatan intensif di ICU.

Mengutip laman National Cancer Institute, Kamis, 22 Juni, ulkus dekubitus sering terbentuk pada kulit yang menutupi area tulang tubuh. Seperti punggung, tulang ekor, pinggul, bokong, siku, tumit, dan pergelangan kaki. Kerusakan pada kulit tersebut disebabkan tekanan konstan pada area luka dalam waktu yang lama. Efeknya, pasien tidak bisa bangun dari tempat tidur ataupun mengubah posisinya. Pasien yang menggunakan kursi roda, bisa mengalami peningkatan risiko mengalami ulkus dekubitus.

Gejala yang dialami pasien ulkus dekubitus, antara lain perubahan warna kulit, pembengkakan, kehangatan, dan nyeri jika ditekan. Apabila tidak segera diobati, ulkus dekubitus dapat retak, melepuh, pecah, dan membentuk luka atau bisul yang mungkin mengeluarkan nanah.

Pengobatan perlu dilakukan intensif karena seringkali sembuh secara lambat. Jika tidak diobati intensif, risiko merusak jaringan jauh di bawah kulit. Termasuk merusak lemak, otot, hingga tulang.

Ulkus dekubitus disebut juga dengan bedsore. Dilansir Healthline, ulkus stadium 1 dan 2 biasanya tidak memerlukan pembedahan. Tetapi ulkus stadium 3 dan 4 memerlukan operasi.

Faktor yang menyebabkan ulkus dekubitus, selain tekanan dalam waktu lama, pasien yang memiliki sirkulasi aliran darah yang buruk, berada di tempat lembap dalam waktu lama, dan iritasi kulit berpotensi mengalami penyakit bedsore.

Sebelum mengalami ulkus dekubitus, Rima Melati juga dikabarkan telah sembuh dari kanker payudara pada 2018 lalu. Melansir kanal YouTube Starpro, Widyawati beberapa waktu lalu bercerita tentang kondisi Rima Melati. Tuturnya, sejak suaminya, Frans Tumbuan, meninggal pada 2015 lalu, kondisi kesehatan Rima Melati kerap naik turun. Hingga sore tadi dikabarkan bahwa ia tutup usia dengan tenang.