Bagikan:

JAKARTA - Artis senior Rima Melati menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis, 23 Juni, kemarin sore.

Istri mendiang Frans Tumbuan wafat di usia 83 tahun setelah sempat beberapa hari terakhir menjalani perawatan di RSPAD.

Sejumlah keluarga dan kerabat mendiang artis senior Rima Melati masih dirundung duka mendalam.

Mereka tidak kuasa menahan air mata ketika melayat ke RSPAD Jakarta Pusat tempat mendiang Rima Melati disemayamkan, Kamis, 23 Juni, malam.

"Hari ini merupakan hari dimana keluarga kehilangan ibunda tercinta, ibu Rima Melati. Beliau telah dirawat di RS sejak 7 Mei berpindah dari RSPI Bintaro, kemudian pada 7 Juni kita pindahkan ke RSPAD," kata Aditya Tumbuan, putra dari mendiang Rima Melati di RSPAD, Kamis, 23 Juni, malam.

Aditya menuturkan, sang ibunda sempat mengalami infeksi luka dibagian punggung belakang sesaat sebelum Rima Melati menghembuskan nafas terakhir.

Infeksi tersebut, lanjutnya, membuat Rima Melati mengalami demam tinggi dan sempat dirawat di ruang ICU selama dua Minggu.

"Pertama kali masuk, ibu Rima terkena infeksi dari luka dibagian punggung belakang, infeksi tersebut membuat ibu demam tinggi. Ternyata ada infeksi lain yang istilahnya merembet dari infeksi paru, parunya mulai terendam air harus di sedot lalu dari situ berturut - turut akhirnya menjalar ke ginjal," ujarnya dengan lirih.

Suasana rumah duka RSPA/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Selanjutnya, Aditya mengatakan, dari penyedotan paru yang terendam kemudian menjalar ke ginjal. Rima pun sempat menjalani cuci darah selama 7 kali di RSPAD. Hasilnya memang membuat Rima sempat stabil, namun karena usia yang lanjut membuat Rima terus berjuang.

"Hari ini saya menemani ibu sebelum dia menghembuskan nafas terakhir, saya berada di sisi ibu saya. Sempat ngobrol, sempat minta maaf, saya sempet bilang kalau sudah tidak kuat, sakit, kita semua sudah ikhlas, kita semua berlapang dada ini yang terbaik buat mama," katanya.

Meski berupaya bertahan melawan penyakitnya, namun Rima akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada Kamis sore. Keluarga mengaku telah ikhlas merelakan kepergian sang ibunda selama-lamanya.

Duka mendalam juga dirasakan kerabat dekat mendiang Rima Melati. Salah satunya artis senior Widyawati yang sering meneteskan air mata mengenang mendiang Rima Melati. Bagi Widyawati, Rima adalah sosok pribadi yang baik, riang dan ramah terhadap siapapun.

"Dia baik sekali orangnya, humble, sama siapa saja. Dia selalu tegur sapa, orangnya ramah, ya terbaik buat mbak Rima. Mbak Rima temen deket saya, baik sekali orangnya, sangat periang, banyak sekali, buat saya dimanapun kapan pun selalu teringat," kenangnya menutup pembicaraan.

Rencananya, jenazah Rima Melati akan dikebumikan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.