Dipenjara 6 Tahun, Promotor Fyre Festival Billy McFarland Buat Podcast
Billy McFarland di tempat tahanan (Instagram @billy_mcfarland)

Bagikan:

JAKARTA - Meskipun dipenjara enam tahun, promotor Fyre Festival Billy McFarland tetap ingin menceritakan sisi lain festival itu melalui sebuah podcast.

Berjudul Dumpster Fyre, Billy McFarland membocorkan cerita mengenai penyelenggaraan Fyre Festival melalui percakapan 15 menit yang ia rekam secara diam-diam.

Melansir Daily Mail 19 Oktober, akun Instagram Billy McFarland mengunggah teaser perdana podcast ini, “Saya tidak akan bersembunyi di balik kesalahan saya, saya akan membagikan semua yang terjadi.”

Selama 29 bulan berjalan, Billy McFarland menyebut seluruh cerita belum terungkap. Episode perdananya menunjukan McFarland yang merasa salah dengan konsep dan jadwal Fyre Festival.

“Untuk empat sampai enam minggu sebelum festival, sebenarnya kami menyewa lebih dari 200 vila dan rumah terpisah. Kepala vila itu menghilang dengan kotak berisi kunci kamar dan dokumen yang hilang di saat 2 dari 3 pesawat tamu sudah tiba.”

Billy McFarland juga berkata ia yakin para tamu yang sampai di vila banyak yang memilih menginap selama seminggu. “Saya berharap kita bisa meminta mereka untuk berbicara.”

Kekacauan Fyre Festival

Fyre Festival pada April 2017 menjadi salah satu konser yang paling bersejarah. Billy McFarland sebagai promotor mengklaim acara ini sebagai festival termewah.

Dalam iklan promosinya, mereka memboyong sejumlah model papan atas seperti Kendall Jenner dan Bella Hadid. Namun sejumlah penampil, salah satunya Blink 182 memilih membatalkan penampilan mereka.

Penonton yang membayar 4-12 ribu dolar AS harus menelan kekecewaan setelah menerima fasilitas yang diterima tidak sesuai dengan promosi. Hanya ada tenda-tenda sederhana serta masakan yang dimasukan ke dalam kotak styrofoam.

Billy McFarland ditangkap pada 30 Juni 2017 dengan hukuman penjara enam tahun dengan denda 26 juta dolar AS. Pada tahun 2018, McFarland kembali ditangkap karena menipu dengan menjanjikan akses VIP ke sejumlah acara eksklusif seharga 100 ribu dolar AS.

Selain podcast, Billy McFarland juga berencana untuk mencopot dokumenter Fyre Festival yang dibuat Hulu dan Netflix pada 2019. Saat ini, episode pertama Dumpster Fyre bisa didengarkan melalui situs resmi dumpsterfyreshow.com.