Bagaimana Vidi Aldiano Bangkit dari Keterpurukan Pandemi
Vidi Aldiano (Instagram/@vidialdiano)

Bagikan:

JAKARTA - Pandemi COVID-19 turut berdampak pada Vidi Aldiano. Keharusan di rumah saja membuat Vidi kesulitan mengembangkan karier sebagai musisi.

Vidi menceritakan, di luar masa pandemi, ia biasa disibukkan dengan konser sana-sini. Kini Vidi hanya bisa menjalani konser virtual di rumah. Kebiasaan baru ini tak memuaskan hasrat Vidi dalam kariernya.

Sejatinya Vidi memiliki rencana besar di tahun 2020 selepas dirinya berjuang melawan kanker tahun lalu. Ada beberapa penggarapan lagu, penyelenggaraan konser, hingga pengerjaan proyek lain yang terhalang pandemi. Lagi-lagi penundaan.

"Di 2020 ini gua agak funny, karena gua orangnya punya goals di setiap tahun atau blueprint (rencana hidup). Nah, 2020 gua punya plan untuk balik berkarya bikin lagu dan lainnya. Tapi karena pandemi ini jadi kehalang," ungkap Vidi dalam sharing session bertajuk "Grow in the Dark" yang diselenggarakan Kalmnesia secara daring, Sabtu, 10 Oktober.

Kecewa, iya. Tapi Vidi berdamai. Konser virtual setidaknya dapat jadi jalan bagi Vidi memenuhi hasrat berkaryanya.

"Tuhan kasih gua kesempatan. Goals gua ini, kayak gelar virtual concert, galang dana. Dengan suara gua mereka terhibur dan mau bantu donasi," ujar Vidi.

Namun, secara ekonomi, pandemi lebih mengkhawatirkan. Bukan apa-apa. Karier profesional Vidi tak dibangun sendiri. Ada tim yang bergantung pada pemasukannya sebagai penyanyi.

Dalam mode bertahan hidup itu, Vidi mengembangkan kanal YouTubenya: Vidi Aldiano. "Gua bikin YouTube channel buat ngehidupin tim gua juga. Gua pengin nge-reach orang-orang buat masih sama gua. Dan di sini gua bikin kayak games-games gitu. Ya, cerdas cermat lah, ya," jelas Vidi.

Vidi merangkul beberapa musisi dan teman sejawatnya untuk berkolaborasi di kanal YouTube tersebut. "Gua bikin itu sama teman-teman gua, di mana awal-awalnya gua cari ini siapa yang enggak keluar rumah atau di rumah aja lah, ya. Terus gua ajak ke YouTube. Ya, mau gimana pun harus tetap kalem di masa kelam lah, ya. Seperti tagline-nya KALMnesia," kata Vidi.

Vidi mengakui, sejak berkecimpung di dunia YouTube, kariernya jadi cukup berkembang. Vidi kini membuka jalan lain selain jalur menyanyi. Vidi kini menjadi host di sejumlah acara TV maupun musik.

"Dengan gua bikin ini, identitas gua sebagai penyanyi jadi berkembang, kayak gua diundang jadi host di acaranya Najwa Sihab. Dan di We The Fest. Makanya gua bilang, 2020 ini buat gua jadi ya gini," tutur Vidi.

Vidi juga memberikan wejangan untuk siapa saja yang memiliki planing di setiap tahunnya, tetapi tidak berhasil atau terhalang oleh sesuatu. Kuncinya adalah lekas bangkit dari situasi tersebut.

"Ingat aja bahwa blueprint itu ya lu sendiri. Kalau lu mau hapus, ya sok atuh monggoh," tutup Vidi.