Di Jepang, Masyarakat Bisa Beli Barang di <i>Vending Machine</i> Menggunakan Kaki
Vending Machine Dydo Japan (Dydo Japan)

Bagikan:

JAKARTA - Jepang selalu menjadi negara yang terdepan dalam melakukan inovasi baru. Untuk menghindari penyebaran COVID-19, beberapa mesin penjualan otomatis (vending machine) di Jepang menyediakan tombol kaki di mesinnya.

Melansir SoraNews24 pada hari ini, 7 Oktober, Dydo, perusahaan ini menghadirkan vending machine yang menggunakan kaki. Konsumen yang ingin membeli produk dari mesin tersebut tidak perlu menggunakan tangan.

Terlihat sederhana tetapi mesin ini efektif digunakan. Anda hanya memerlukan kaki untuk menekan nomor produk yang tertera di etalase.

Untuk mengambil produk dari mesin juga tidak perlu menggunakan tangan. Ada tombol yang bisa diinjak dan produk akan meluncur dengan sendirinya keluar dari mesin.

Tetapi untuk membayar produk, Anda masih memerlukan tangan untuk memasukan koin ke dalam vending machine.

Tidak semua orang menyambut positif vending machine buatan Dydo ini. Karena semua dilakukan dengan kaki, banyak yang mengkhawatirkan kebersihan produk.

“Mereka mungkin perlu mensterilkan minuman ketika minumannya diambil menggunakan kaki,” tulis salah satu warganet.

“Saya bisa memprediksi orang-orang akan menginjak dan menghancurkan (mesin) nya,” tulis yang lainnya.

Dydo sebagai produsen menyebutkan sistem vending machine dengan kaki ini masih berbentuk konsep pertama sehingga kemungkinan besar mereka akan memperbarui model beserta kegunaannya.