Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus berupaya mendukung pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) berkembang. Salah satu caranya adalah melalui vending machine sebagai etalase toko bagi produk UMKM.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan program vending machine ini merupakan upaya dari Kementerian BUMN dan BUMN dalam pengembangan UMKM di Indonesia melalui langkah-langkah strategis.

Saat ini, kata Arya, vending machine sudah dihadirkan di Kementerian BUMN dan beberapa Kantor BUMN. Tidak hanya itu, Vending Machine juga telah tersedia di infrastruktur publik yang dikelola oleh BUMN, seperti di bandara dan stasiun.

“Setelah vending machine di Pegadaian ini, kita akan masuk ke Pelni agar ada di kapal-kapal yang ada di Pelni. Selain itu, Kementerian BUMN juga mengadakan bazar produk UMKM secara rutin,” katanya saat peresmian vending machine milik PT Pegadaian (Persero), di Jakarta, Rabu, 5 Juni.

Terkait dengan vending machine, Arya membandingkan dengan negara Jepang yang mana mesin makanan tersebut telah beredar luas di tengah-tengah masyarakat.

“Di Jepang gila, dimana-mana vending machine. Gang-gang kecil banyak vending machine. Sehingga UMKM di Jepang, China gila-gilaan karena punya chanel,” ungkapnya.

Nantinya, Arya bilang, vending machine ini dapat tersedia di tempat-tempat publik di manapun.

Dengan begitu, kata dia, UMKM Indonesia bisa berkembang.

“Kita menginginkan UMKM berkembang terus, channel-channelnya juga semakin banyak,” katanya.

Arya juga menyinggung soal dukungan BUMN kepada UMKM. Dia bilang hingga tahun 2023, dukungan BUMN dalam bentuk belanja dari UMKM mencapai Rp44 triliun.

“Sudah B to B. BUMN belanja ke UMKM capai Rp44 triliun. BUMN kalau beli barang kenapa si harus keluar, ke UMKM dong. Nah itu dah ada Rp44 triliun,” tuturnya.

Caption: Stasus Menteri BUMN Arya Sinulingga (kanan), Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan (tengah) dan Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting (kanan) saat mencoba vending machine di Kantor Pusat Pegadaian, Jakarta.