Derita GERD Seperti Maia Estianty? Ini 6 Makanan yang Bisa Bantu Turunkan Asam Lambung Tinggi
Ilustrasi (Susan Wilkinson/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Melalui unggahan di akun Instagram-nya, penyanyi Maia Estianty mengabarkan dirinya terkena GERD. Dikutip dari Mayo Clinic, Senin, 28 Maret, GERD adalah singkatan dari Gastroesophageal reflux disease. Penyakit ini terjadi ketika asam lambung naik menuju saluran yang menghubungkan mulut dengan lambung atau esofagus. Naiknya asam lambung ini mengiritasi dinding esofagus sehingga terasa panas dan perih.

Jenis makanan yang Anda konsumsi berperan besar dalam menentukan kambuhnya GERD atau tidak. Untuk itu, Anda perlu cerdas memilih isi piring sehingga pencegahan GERD bisa dilakukan lebih baik.

Buat Anda yang menderita GERD seperti Maia Estianty, berikut VOI berikan daftar makanan yang baik dikonsumsi penderita GERD, menyadur WebMD.

Dada Ayam

Chicken Breast (Focused on You/Unsplash)

Mengandung nol persen lemak dan kaya akan protein, dada ayam cukup mudah dicerna oleh tubuh. Agar lebih sehat, Anda bisa konsumsi dada ayam tanpa kulit dan dimasak dengan cara panggang atau tumis.

Jahe

Rimpang ini dapat membantu menenangkan sakit perut akibat GERD. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara diseduh dengan air hangat. Jika ingin lebih berasa, sebaiknya tambahkan madu.

Semangka

Semangka, blewah, dan melon merupakan buah rendah asam yang tidak akan memicu gejala GERD. Buah-buahan ini juga dapat menghidrasi tubuh dengan baik karena kandungan air yang cukup tinggi di dalamnya.

Beras merah

Mencari lauk yang tidak akan memperburuk asam lambung? Cobalah beras merah. Beras merah termasuk dalam karbohidrat kompleks, yang berarti membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat sederhana seperti nasi putih, kue kering, atau minuman manis dan makanan ini lebih baik untuk pasien dengan asam lambung tinggi. Serat ekstra yang terkandung dalam beras merah terbukti lebih membantu dibandingkan beras biasa.

Oatmeal

Oatmeal (Margarita Zueva/Unsplash)

Sarapan dengan lauk bacon, sosis, pancake, donat, dan kentang goreng bisa memperburuk kondisi asam lambung. Oatmeal adalah pilihan yang lebih baik sebab memiliki banyak serat yang akan membuat Anda kenyang dan cukup untuk memberi energi selama berjam-jam. Cukup tambahkan buah segar dalam oatmeal Anda untuk manfaat yang lebih banyak.

Kentang

Umbi-umbian seperti kentang, wortel, dan lobak sangat baik dikonsumsi penderita GERD. Kentang kaya akan karbohidrat kompleks yang sehat dan serat yang dapat dicerna dengan mudah. Hanya saja, jangan memasaknya dengan bawang merah atau bawang putih, karena itu bisa mengiritasi lambung Anda.