20 Tahun Berlalu, Animator Studio Ghibli Ungkap Makanan Orang Tua Chihiro di <i>Spirited Away</i>
Adegan Orang Tua Chihiro makan (Studio Ghibli/Hiromasa Yonebayashi)

Bagikan:

JAKARTA - Penggemar film Ghibli pasti tahu Spirited Away yang dirilis dua dekade lalu. Film ini tidak hanya mendapat atensi di negara asalnya, tetapi juga di seluruh dunia.

Salah satu adegan dalam film ini masih menjadi perdebatan penonton hingga sekarang. Diceritakan, orang tua Chihiro melahap sesuatu dalam porsi yang banyak dan kemudian mereka berubah menjadi babi.

Penonton kerap menanyakan makanan apa yang dimakan kedua orang tua Chihiro. Animator Studio Ghibli yang mengerjakan Spirited Away, Hiromasa Yonebayashi kini menjawab melalui akun Twitter-nya.

“Makanan yang ayah Chihiro makan adalah perut ikan Coelacanth,” tulis Hiromasa pada 19 September.

Cuitan tersebut mendapat tombol like lebih dari 152 ribu. Selain itu, Hiromasa juga menjelaskan tiga foto lainnya. Ia diketahui menjadi animator Studio Ghibli selama 18 tahun sebelum akhirnya membangun perusahaan sendiri, Studio Ponoc.

Baru-baru ini, Studio Ghibli merilis 400 gambar kualitas tinggi dari delapan film produksinya, salah satunya Spirited Away.

Sebelumnya, banyak yang menduga makanan tersebut adalah perut domba atau makanan Taiwan yaitu ba-wan. Namuin, kini misteri itu terpecahkan. 

“Sebenarnya, itu tidak selalu sesuai dengan storyboard… mungkin itu tertulis di layout yang digambar sutradara (Hayao) Miyazaki? Gambar ini diretouch tiga kali dari gambar aslinya,” cerita Hiromasa.

Adegan orang tua Chihiro yang berubah menjadi babi setelah makan dengan porsi banyak adalah salah satu metafora yang ada di dalam film Spirited Away.

Seseorang yang ‘rakus’ akan membuat seseorang tidak lagi terlihat seperti manusia, kehilangan diri sendiri, dan membuat tragedinya sendiri. Orang tua Chihiro yang makan lebih dari secukupnya berubah menjadi babi karena rakus.

Spirited Away adalah film Studio Ghibli yang memenangkan Oscar ke-75 untuk kategori Film Animasi Terbaik. Selain itu, film ini juga masuk ke dalam 10 film yang harus ditonton di Festival Film Berlin 2002.

Spirited Away adalah film yang cocok disaksikan untuk segala umur. Cerita tentang kehidupan dan hubungan dengan orang lain yang digambarkan dengan baik membuat film ini bisa dirasakan oleh semua orang. Film Spirited Away bisa disaksikan melalui Netflix.