Bagikan:

JAKARTA - Invansi Rusia ke Ukraina membuatnya banyak pihak kuatir. Dari kalangan sineas, Sutradara Sean Penn langsung mendatangi Ukraina untuk membuat film dokumenter serangan Rusia.

Sean Penn telah banyak terlibat dalam misi anti-perang dan kemanusiaan selama bertahun-tahun. Dokumenter tentang dirinya berjudul Discovery Penn menceritakan upaya sang aktor dalam mendirikan organisasi nirlaba Community Organized Relief Effort (CORE).

Kedatangan Sean Penn disambut dengan baik oleh Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky. Ini bukan kali pertama Sean Pean datang ke Ukraina. November tahun lalu dia telah berkunjung ke markas militer Ukraina untuk mempersiapkan dokumenter ini.

Pemerintah Ukraina menyebut Penn sebagai salah satu orang yang mendukung Ukraina dan berada di sana saat invasi mulai terjadi kemarin. Dikutip dari Variety, dokumenter tersebut diproduksi oleh Vice Studios bekerja sama dengan Vice World News dan Endeavor Content.

"Sutradara Sean Penn secara khusus datang ke Kyiv untuk merekam semua peristiwa yang saat ini terjadi dan untuk memberi tahu dunia kebenaran tentang invasi Rusia ke negara kita," kata Kantor Kepresidenan Ukraina melalui Kedutaan Ukraina dalam pernyataan resmi dikutip Jumat, 25 Februari.

"Semakin banyak orang seperti itu --teman sejati Ukraina, yang mendukung perjuangan untuk kebebasan-- semakin cepat kita dapat menghentikan invasi keji oleh Rusia ini," lanjutnya.