Gitaris Alice in Chains, Jerry Cantrell Lepas Video Live Lagu <i>Brighten</i>
Jerry Cantrell (Instagram @jerrycantrell)

Bagikan:

JAKARTA - Gitaris/vokalis Alice In Chains, Jerry Cantrell membagikan video live dari lagu Brighten, yang dicomot dari album solo barunya yang bertajuk sama.

Video ini disutradarai oleh Sebastien Paquet dan Kevin Garcia dan direkam pada November 2021 di Museum Grammy di Los Angeles sebagai bagian dari acara peluncuran album Brighten.

Banyak musisi yang mengambil bagian dalam album ini tampil bersama Jerry, antara lain Tyler Bates ("300", "John Wick"), Greg Puciato dan Gil Sharone (The Dilinger Escape Plan), George Adrian, Vincent Jones dan Michael Rozon.

Sejak dirilis, Brighten menerima pujian dari para kritikus musik, termasuk majalah Kerrang!, yang menyebutnya sebagai "potret diri kontemporer yang hidup dari salah satu suara paling khas dalam hard rock. Pertunjukan kecemerlangan individu yang telah lama ditunggu-tunggu."

Sementara itu, majalah Classic Rock menyatakannya sebagai "karya terbaik dari penulis lagu yang bahagia dalam hidupnya, mencakup berbagai gaya."

Lalu, The Sun berkomentar: "Album organik yang kaya... Brighten itu brilian."

Brighten sendiri merupakan proyek pertama Jerry tanpa Alice In Chains dalam 19 tahun. Diproduseri Jerry bersama komposer film Tyler Bates dan Paul Fig, penggarapan album ini dimulai tepat sebelum pandemi melanda.

Dalam album ini, muncul nama-nama tenar di dunia musik rock. Sebut saja Duff McKagan (Guns N' Roses) pada trek bass tertentu, Puciato berkontribusi pada vokal latar dan drumer Sharone dan Abe Laboriel, Jr. (Paul McCartney). Sementara itu Joe Barresi (TOOL, Queens Of The Stone Age) menangani departemen mixing.

Untuk mendukung perilisan Brighten, Jerry telah mengumumkan tur Amerika Serikat yang akan membawanya ke kota-kota seperti New York, LA, Chicago, Boston, Nashville dan Vegas, di antara banyak kota lainnya.

Beberapa tahun yang lalu, Jerry memainkan sepasang pertunjukan solo yang tiketnya terjual habis di Los Angeles. Pertunjukan ini menampilkan sekelompok musisi dan teman Jerry, beberapa di antaranya muncul dalam Brighten.

"Sangat menyenangkan memainkan lagu-lagu yang sudah bertahun-tahun tidak saya bawakan dari album Boggy Depot dan Degradation Trip," kata Jerry dikutip dari Blabbermouth, Kamis, 13 Januari.

"Tyler Bates tidak hanya memperkenalkan saya kepada banyak pemain keren, dia juga membantu saya menyatukan band untuk pertunjukan, dan tampil bersama saya," lanjut dia.

Singkatnya, cikal bakal album Brighten muncul dari pertunjukan itu.

"Itu seperti rekaman 70-an di mana banyak musisi bermain," Cantrell tersenyum. "Jadi ini bukan grup band. Saya harus membuat musik dengan sekelompok orang yang belum pernah saya miliki sebelumnya, juga bersama teman-teman seperti Duff, Tyler dan Gil yang pernah bekerja dengan saya sebelumnya."