Sabyan Gandeng Hanin Dhiya Dendangkan <i>Fatimah Az Zahra</i>
Nissa Sabyan (Dok. Sabyan)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah berhasil memecahkan rekor penjualan CD terbanyak dalam waktu 6 bulan di salah satu gerai restoran ayam, Sabyan tidak berpangku tangan. Kini, bersama Hanin Dhiya, ia menelurkan karya berjudul Fatimah Az Zahra.

Kekuatan lirik  serta aransemen yang menjadi ciri khas Sabyan dalam lagu-lagu hitsnya seperti Ya Maulana, Aisah, Al Waba, dan Ramadhan, sempat merajai trending topic dengan 3 karya sekaligus di platform YouTube. Kini, Ayus sang pencipta lagu yang juga pemain kibor Sabyan sangat konsen dalam lagu Fatimah Az Zahra . 

Semua kemampuan dalam merangkai lirik serta menciptakan notasi lagu yang memang sudah terbukti, membuat Ayus lebih percaya diri. Sampai akhirnya terpilihlah Hanin Dhiya sebagai kolaborator.

"Ini karena karakter vokal yang dimiliki Hanin saya yakini dapat melengkapi lagu Fatimah," tutur Ayus dalam keterangan resminya. 

Hanin bukanlah pendatang baru dalam industri musik Indonesia. Besar dengan membawakan lagu lagu cover, Hanin kini berubah menjadi sosok penyanyi remaja dengan segala kelebihannya.

Bukanlah hal mudah ketika Hanin ikut dalam proyek, karena kebiasaan Hanin dalam meng-cover lagu tidak dapat menjadi acuan dalam membawakan lagu Fatimah Az Zahra.

“Sempet nervous sih ketika tawaran ini masuk, aku takut hasilnya enggak sesuai dengan ekspektasi kakak kakak Sabyan,“ ujar Hanin ketika proses take vokal. 

Untuk mendapatkan rasa dalam lagu serta pendalaman material lirik lagu, Ayus dan tim sampai mengarahkan Hanin ketika proses perekaman vokal, ini merupakan salah satu treatment Ayus agar Hanin dapat menyanyikan lagu sesuai dengan rasa dan hasil yang dibayangkan oleh Ayus ketika menciptakan lagu ini.

Lagu Fatimah Az Zahra merupakan sebagian kisah dari putri Nabi Muhammad S.A.W. Pengkiasan lirik dalam lagu ini merupakan penggambaran seorang Fatimah Az Zahra di mana pada saat itu beliau merupakan anak kesayangan sang rasul, ini karena sikap dan pembawaan Fatimah yang luar biasa sempurna di mata sang rasul. 

Berbagai perintah dan arahan sang rasul dijalankan dengan ikhlas dan senang hati demi kecintaannya terhadap ayahanda.

Penggambaran seorang saidatinah Fatimah dalam lirik ini merupakan kiasan indah yang diciptakan oleh Ayus yang memang mengagumi Fatimah dengan segala kisahnya yang didapat Ayus ketika mendalami ilmu agama. Penggambaran dalam kitab suci Al Quran maupun haditz serta kisah kisah perjalanan rasul yang kita ketahui memang seorang Fatimah Az Zahra merupakan sosok wanita yang sempurna pada zaman itu.