Kenali Pentingnya Punya Resolusi Jelang Tahun Baru
Ilustrasi (Polina Kovaleva/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Menjelang tahun baru, biasanya orang-orang punya kebiasaan menulis resolusi. Isinya bebas sesuai apa yang ingin dicapai tahun depan, misalnya liburan keliling Indonesia, punya rumah di kawasan tertentu, punya side job, belajar bahasa baru, belajar memasak, rutin olahraga, gaya hidup lebih sehat, mulai bangun pagi, lebih banyak waktu bersama teman dan keluarga, fokus pada kesehatan mental, dan sebagainya. 

Memang membuat resolusi ini bukan hal wajib. Namun, tidak ada salahnya punya resolusi untuk tahun depan, sebab banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan untuk kebaikan diri sendiri. Misalnya hal-hal berikut ini: 

Memiliki tujuan yang akan dicapai 

Seringkali Anda merasa hilang arah dan bingung tidak tahu harus berbuat apa. Nah, resolusi ini bisa membuat Anda punya tujuan jelas dan ingin dicapai sepanjang tahun depan. Misalnya, Anda ingin menjalankan gaya hidup sehat. Maka perlahan-lahan, Anda bisa terus meningkatkan pola hidup sehat. 

Bulan pertama misalnya mulai dari tidur lebih awal dan bangun pagi, bulan selanjutnya rutin olahraga setiap hari, selanjutnya mengurangi makan makanan manis, dan terus ditingkatkan sampai Anda merasa lebih sehat. 

Menentukan prioritas hidup

Ketika Anda punya resolusi maka hal itulah yang jadi prioritas hidup sepanjang tahun depan. Sebagai contoh, Anda sudah memutuskan untuk hidup lebih sehat dengan detail-detail seperti di atas. Maka Anda bisa mulai berani menolak ajakan teman bermain sampai larut malam karena harus bangun pagi dan olahraga. 

Contoh lain, Anda ingin mulai mencicil rumah tahun depan. Maka Anda harus bisa menahan diri dari godaan jajan berlebihan, belanja barang tidak penting, serta ajakan teman untuk hangout di tempat-tempat mewah. 

Membuat hidup jadi lebih terarah 

Dengan memiliki resolusi, secara tidak sadar hidup jadi lebih terarah. Anda tahu apa yang ingin dicapai, Anda tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan bila hal tersebut berdampak pada pencapaian. Jadi, hidup Anda pun akan jauh lebih bermakna karena Anda punya pegangan untuk hidup lebih baik dan berjuang untuk mencapainya. 

Sebagai penyemangat 

Menjalankan resolusi kadang tidak semudah itu. Misalnya, saat Anda ingin menabung untuk membeli mobil, ada saja godaan barang-barang yang terlalu disukai untuk tida dibeli, akhirnya tabungan berkurang lagi. Saat ingin fokus menurunkan berat badan, ada kalanya Anda pun tergoda ajakan teman untuk makan dessert di kafe favorit. Memang Anda bisa lebih fleksibel, tetapi selalu ingat kembali pada resolusi yang telah Anda buat untuk memberikan Anda semangat.