Denny Caknan Rajai Pencarian Musik di YouTube dan Google Sepanjang 2021
Denny Caknan (Foto: IG @denny_caknan)

Bagikan:

JAKARTA - Layanan video YouTube membagi data video paling populer sepanjang tahun 2021. Data tersebut dibagi dalam beberapa topik video. Acara makan (mukbang) hingga video musik lokal termasuk dari konten-konten yang banyak ditonton oleh masyarakat Indonesia tahun ini.

"Pada tahun 2021, video, konten, dan kanal trending teratas yang menarik minat masyarakat Indonesia sebagian besar memiliki kualitas yang sama yaitu menyajikan pengalaman berbeda, otentik, dan spontan," kata YouTube dalam keterangannya, dikutip dari ANTARA, Kamis, 16 Desember.

Di bidang musik, YouTube melihat musisi dan kreator tanah air terus memenangkan hati Indonesia dan pandemi tidak menghentikan mereka untuk berkolaborasi dan berkarya. Misalnya seperti kolaborasi virtual Tulus dengan Erwin Gutawa hingga dua lagu Denny Caknan - Satru (ft Happy Asmara) dan Angel (ft Cak Peril), menjadi salah satu video musik trending teratas di YouTube tahun ini.

Tak hanya ragam video, YouTube menilai pertumbuhan kreator konten Indonesia juga bertumbuh. "Kami telah melihat pencapaian yang luar biasa di Indonesia. Jika ada satu hal yang pasti, Indonesia penuh dengan pertumbuhan dan talenta," kata YouTube.

Sebelumnya, Google juga merilis data pencarian terbanyak sepanjang 2021. Dalam kategori musik, deretan lagu yang dibawakan musisi lokal seperti “Widodari” oleh Denny Caknan dan Guyon Waton, “C.H.R.I.S.Y.E” oleh Diskoria dan Eva Celia, hingga lagu musisi mancanegara seperti “Butter” dari BTS juga mewarnai penelusuran paling tren di Google Indonesia.