シェア:

JAKARTA - Swiss meraih kemenangan penting 3-1 atas Hongaria di pertandingan Grup A Euro 2024 di Stadion RheinEnergie, Koln, Sabtu, 15 Juni 2024 malam WIB.

Swiss menunjukkan penampilan terbaik saat melakoni laga pertama melawan kuda hitam Hongaria. Mereka tampil maksimal untuk meraih kemenangan di pertandingan penyisihan grup.

Kemenangan itu sekaligus menepis isu perpecahan tim. Sebelumnya, pelatih Murat Yakin mendapat tekanan setelah timnas memetik hasil mengecewakan selama enam pertandingan terakhir.

Setelah menang 3-0 atas Andorra, Granit Xhaka dkk mengalami penurunan. Bahkan mereka ditahan Israel dan Kosovo dengan skor 1-1. Pada laga pamungkas kualifikasi Euro 2024, Swiss malah kalah 1-0 lawan Rumania.

Rangkaian hasil buruk itu menjadikan Yakin sempat bersitegang dengan pemain. Tak hanya itu, fans sepak bola Swiss pun menghendaki Yakin diberhentikan.

Namun legenda timnas Swiss ini dipertahankan federasi. Yakin pun tetap membawa Swiss ke Jerman. Hubungan pelatih dengan pemain pun membaik dan tidak ada lagi ketegangan di antara mereka.

Kekompakan dan kesatuan pelatih dan pemain memberi hasil positif saat Swiss melakoni laga pertama di Piala Eropa. Kemenangan atas Hungaria menjadikan Swiss mengantungi tiga poin.

Sama dengan Jerman yang menghajar Skotlandia 5-1. Karena kalah selisih gol, Swiss menduduki peringkat dua. Sedangkan Hongaria yang belum meraih poin menempati posisi tiga dan Skotlandia ada di dasar klasemen.

Di laga tersebut, Swiss melakukan start mengesankan. Striker Kwadwo Duah menjadi andalan di lini depan. Dirinya mendapat dukungan dari Dan Ndoye dan Ruben Vargas.

Hanya, Swiss harus bekerja keras menghadapi Hongaria yang mengandalkan pemain depan Liverpool Dominik Szoboszlai. Setelah berkali-kali gagal, Swiss akhirnya membobol gawang Hungaria melalui Duah.

Gol Duoh tercipta setelah dia menyelesaikan assist Michel Aebischer di menit 12. Wasit sempat meninjau kejadian gol lewat VAR. Namun gol tersebut akhirnya tetap disahkan.

Unggul 1-0 tak membuat Swiss mengendalikan permainan. Pasalnya Hongaria pun memberi perlawanan. Meski demikian Swiss akhirnya berhasil menambah gol menjelang akhir babak pertama.

Gol tim berjuluk Nati dihasilkan Aebischer. Menerima umpan dari Remo Freuler, gelandang Bologna ini melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang menaklukkan kiper Peter Gulacsi. Skor 2-0 untuk Swiss bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, penampilan Swiss sedikit menurun. Sebaliknya, tim asuhan Marco Rossi mencoba bangkit dan menekan pertahanan lawan.

Usaha mereka ternyata tidak sia-sia. Hongaria akhirnya memperkecil ketinggalan setelah striker Barnabas Varga menaklukkan kiper Yann Sommer di menit 66. Sundulannya yang menyambut umpan silang Szoboszlai sukses menjebol gawang Swiss.

Hanya setelah gol itu, mereka tak bisa menyamakan skor. Sebaliknya gawang Hongaria kembali kebobolan.

Pada injury time, tendangan melambung Breel Embolo berhasil menggetarkan gawang lawan dan mengubah skor menjadi 3-1. Skor itu tak berubah sampai akhir laga.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)