Bagikan:

JAKARTA - Serbia akan menghadapi Inggris dalam pertandingan pertama Grup C Euro 2024 pada  Minggu, 16 Juni atau Senin dini hari WIB di Stadion Arena AufSchalke, Gelsenkirchen.  Ini adalah pertemuan pertama antara Serbia dan Inggris sejak Serbia menjadi negara merdeka.

Serbia, dengan pemain-pemain seperti Aleksander Mitrović dan Dušan Tadić cukup berpengalaman di Liga Inggris, akan menjadi tantangan tersendiri bagi tim asuhan Gareth Southgate. Perlu diingat, Serbia mencetak sepertiga dari 15 gol kualifikasi mereka melalui sundulan, menunjukkan keunggulan mereka dalam duel udara.

Di sisi lain, Inggris, yang menjadi runner-up di Euro  2020, memiliki rekam jejak mengesankan dengan hanya kalah satu kali dalam 18 pertandingan terakhir di turnamen besar, 10 kali menang dan tujuh seri. Harapan tinggi untuk The Three Lions, terutama dengan kehadiran pemain-pemain bintang seperti Harry Kane, Jude Bellingham, dan Phil Foden.

Declan Rice menegaskan bahwa Inggris tidak boleh mencari alasan di Euro  2024, saat The Three Lions mengejar gelar Kejuaraan Eropa pertama mereka. Tim asuhan Gareth Southgate dianggap sebagai favorit untuk memenangkan kompetisi ini bersama Prancis, sementara Jerman dan Portugal juga diharapkan menjadi penantang utama untuk trofi ini.

"Kami tahu apa yang harus kami lakukan untuk menang. Kami tidak punya alasan. Piala Eropa adalah satu-satunya hal yang bisa benar-benar membantu saya mengatasi rasa sakit. Melihat Italia mengangkat trofi itu di depan kami terakhir kali: perasaan itu masih ada di perut kami. Kami ingin mendapatkannya sekarang," kata Rice kepada London Evening Standard.

Rice, yang baru saja menjalani musim pertama yang luar biasa di Arsenal, akan menjadi pemain vital bagi negaranya musim panas ini, dan mantan pemain muda Chelsea tersebut optimistis tentang peluang timnya untuk sukses.

Harapan Inggris bisa bertumpu pada Jude Bellingham, yang baru saja menyelesaikan musim debut impian di Real Madrid setelah memenangkan gelar Liga Spanyol dan Liga Champions.

Sementara striker Serbia, Aleksandar Mitrović, baru saja menyelesaikan musim pertama yang luar biasa di Arab Saudi bersama Al-Hilal, di mana ia memenangkan liga dan piala — mengalahkan Al-Nassr yang diperkuat Cristiano Ronaldo untuk gelar tersebut.

Ada kekhawatiran tentang potensi kekerasan antar penggemar. Polisi telah menganggap pertandingan ini "berisiko tinggi," dan penjualan bir di stadion akan dibatasi hanya pada bir dengan kadar alkohol rendah.  

Lions memasuki pertandingan ini dengan penuh tanda tanya setelah kekalahan 1-0 dari Islandia di Stadion Wembley. Bahkan mereka hanya berhasil meraih satu kemenangan dalam lima pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi.

Hal itu membuat Serbia, cukup percaya diri. "Pertandingan persahabatan terakhir mereka menunjukkan kepada kami bahwa tidak ada yang tidak terkalahkan. Kami menonton pertandingan melawan Islandia, dan pasti ada sesuatu yang bisa dipelajari dari mereka karena mereka telah mengalahkan Inggris di Wembley di depan 80.000 orang. Segalanya mungkin terjadi," kata Dragan Stojković, Pelatih Serbia. 

Namun Southgate tak terpengaruh psywaer itu. "Saya manajer yang lebih baik daripada enam bulan lalu dan setahun lalu, tetapi waktu akan menentukan apakah itu akan diterjemahkan menjadi hasil. Kami di sini untuk menang yang kami tahu adalah perjalanan yang rumit dan tujuan pertama adalah lolos," ujarnya.

Dengan kekuatan yang dimiliki oleh kedua tim, pertandingan ini diprediksi akan berlangsung sengit. Apakah Serbia bisa memanfaatkan keunggulan mereka dalam duel udara, atau Inggris akan menunjukkan kekuatan mereka dengan serangan tajam dari para pemain bintang mereka? Saksikan langsung untuk mengetahui jawabannya.

Prakiraan Formasi 

Serbia: V Milinković-Savić; Milenković, Veljković, Pavlović; Živković, S Milinković-Savić, Lukić, Kostić; Tadić; Mitrović, Vlahović

Inggris: Pickford; Walker, Stones, Guehi, Trippier; Alexander-Arnold, Rice; Saka, Bellingham, Foden; Kane

Namun The Three

Statistik Menarik

  • Harry Kane, John Stones, dan Kyle Walker sedang bermain di turnamen besar kelima mereka untuk Inggris.
  • Serbia mencetak 15 gol dalam kualifikasi untuk EURO, dan lima di antaranya berasal dari sundulan.
  • Kane adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk Inggris dengan 63 gol.
  • Mitrović mencetak 28 gol di semua kompetisi untuk Al-Hilal.
  • Sebelas anggota skuad Southgate, termasuk Cole Palmer dari Chelsea, telah dipilih untuk turnamen besar untuk pertama kalinya.
  • 80.000 liter bir akan tersedia untuk penggemar di Gelsenkirchen.