シェア:

JAKARTA - Polandia kehilangan striker andalan Robert Lewandowski saat melakoni laga pertama Euro 2024 melawan Belanda. Lewandowski bakal absn setelah mengalami cedera paha dalam uji coba melawan Turki

Apes bagi Polandia yang diprediksi bakal menjadi kuda hitam yang mengejutkan di Euro 2024. Kemenangan 2-1 atas Turki harus dibayar mahal Polandia. Apalagi, timnas berjuluk Bialo-czerwoni ini hanya menang di sebuah laga uji coba.

Akibat cedera yang dialaminya, Lewandowski terpaksa ditarik keluar di menit 33. Posisinya kemudian digantikan Kacper Urbanski.

Manajer Michal Probierz menyatakan sesungguhnya tidak ada masalah dengan kondisi kebugaran penyerang Barcelona ini.

Hanya, dirinya tetap bakal absen di laga pertama Euro 2024 melawan Belanda di Volksparkstadion, Hamburg, Minggu, 16 Juni 2024 malam WIB.

"Ada otot bisep Robert Lewandowski yang robek. Ini menjadikan dia tak bisa tampil di pertandingan pertama," kata dokter tim Jacek Jaroszewski dalam keterangan resmi.

"Kami akan melakukan segala upaya agar Robert bisa bermain di laga kedua melawan Austria," ujarnya.

Uji coba melawan Turki tampaknya menjadi bencana bagi Polandia. Pasalnya tidak hanya Lewandowski yang mengalami cedera.

Bek Pawel Dawidowicz juga mengalami cedera otot paha. Sedangkan striker Karol Swiderski ada masalah dengan engkelnya.

Bila cederanya sangat ringan, mereka diharapkan sudah bisa kembali berlatih dan siap tampil di laga pertama Piala Eropa.

"Ada tiga pemain yang cedera dari pertandingan melawan Turki. Pawel Dawidowicz tertarik otot paha. Sedangkan Karol Swiderski masih harus diperiksa lebih lanjut. Namun dia tidak cedera serius pada engkel. Mereka sudah harus kembali berlatih," demikian keterangan resmi dari federasi sepak bola Polandia.

Polandia memang dihadapkan dengan problem cedera pemain menjelang Euro 2024. Sebelumnya, striker Arkadiusz Milik harus melupakan Piala Eropa.

Striker Juventus ini mengalami cedera lutut saat beruji coba melawan Ukraina. Cedera itu membuat Milik dipulangkan untuk menjalani perawatan lebih lanjut.

Polandia yang berada di Grup D bersaing ketat dengan Belanda, Austria dan Perancis. Mereka mengawali laga melawan Belanda dan kemudian bertemu Austria pada Jumat, 21 Juni 2024 malam WIB.

Lewandowski mungkin sudah bisa dimainkan saat melawan Austria. Namun kondisi striker berusia 35 ini diprediksi tak sepenuhnya fit. Begitu pula pada laga pamungkas melawan tim unggulan Perancis.

Bila kondisi kapten timnas ini tak fit, ini tentu menjadi pukulan bagi Polandia. Mantan penyerang Bayern Munchen ini masih menunjukkan ketajamannya di musim terakhir La Liga Spanyol.

Dirinya mencetak 11 gol dan membuat tiga assists selama 15 laga terakhir bersama Barca. Ini yang menjadikan Lewandowski tetap andalan di sektor depan Polandia. 


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)