シェア:

JAKARTA - Laga melawan Manchester United menjadi ujian pertama striker Tottenham Timo Werner yang baru bergabung. Werner diharapkan bisa membawa Tottenham memecahkan rekor 25 tahun dalam duel Premier League di Old Trafford, Minggu, 14 Januari malam WIB.

Tottenham tak lagi kekurangan pemain saat mengarungi paruh kedua kompetisi. Meski ditinggalkan kapten Son Heung-min dan sejumlah pemain yang cedera, namun Tottenham sudah memiliki penggantinya.

Manajer Ange Postecoglou mendapatkan Werner yang dipinjam dari RB Leipzig sampai akhir kompetisi. Selain itu klub merekrut bek Radu Dragusin dan memberikan kontrak berdurasi enam tahun.

Para pemain seperti Cristian Romero, James Maddison dan Manor Solomon sudah pulih dari cedera. Bila sepenuhnya fit, mereka bisa tampil melawan MU.

Perekrutan Werner yang menjadikan The Lilywhites bisa lebih tenang. Apalagi sebelumnya Tottenham bersaing dengan MU untuk menggaet eks penyerang Chelsea ini.

MU sesungguhnya yang lebih dulu mengincar Werner. Namun Tottenham yang mendapatkan dia. Menariknya, Werner melakukan debut di Tottenham dengan menghadapi klub yang membidiknya.

Hanya catatan buruk di Chelsea membayangi langkah Werner. Selama bersama The Blues, dirinya mengemas 10 gol dan sembilan assists. Werner total bermain 56 kali sebelum kembali ke Leipzig.

Selain itu, ada catatan unik yaitu Werner pernah mencetak 16 gol yang kemudian dianulir wasit.

"Tetapi saya tidak melihat dari sisi itu. Saya hanya mencari apa yang bisa dia berikan kepada kami. Bukan sesuatu yang terjadi pada tiga atau empat tahun lampau. Ini sama sekali tak relevan," ujar Postecoglou.

"Saya yakin dia sudah menjadi pemain yang berbeda dengan pribadi yang berbeda pula. Dia makin matang," kata dia lagi.

Apakah Werner menjadi starter atau tidak, Postecoglou membidik kemenangan kedua lawan MU. Bila target itu tercapai, maka Tottenham bisa menembus tiga besar dan mendekati jarak poin Liverpool yang saat ini memimpin klasemen.

Tak hanya itu, Tottenham bakal memecahkan rekor yang bertahan 25 tahun, yakni dua kali mengalahkan MU dalam satu musim. Sebelumnya pada duel pertama di Stadion Tottenham Hotspur, mereka menang 2-0.

Postecoglou optimistis memenuhi target karena Tottenham memiliki rekor bagus saat menghadapi anggota big six pada putaran pertama. Saat mendapat jadwal laga kandang, mereka sukses mengalahkan Liverpool dan MU.

Saat melakoni laga tandang, klub London Utara ini mampu menahan Manchester City dan Arsenal dalam the North London Derby.

Satu-satunya kekalahan dialami Tottenham saat bertemu Chelsea. Mereka kalah 4-1 di kandang sendiri. Saat itu, Tottenham kehilangan banyak pemain yang cedera. Mereka juga mengakhiri laga dengan sembilan pemain.

"Kami tidak hanya meraih hasil bagus di pertandingan tersebut, tetapi penampilan tim juga sangat baik," ujarnya.

"Laga melawan United juga sangat penting. Old Trafford merupakan temnpat berikutnya yang menjadikan Anda bisa merasakan atmosfer yang luar biasa," kata eks manajer Celtic ini.

Semnentara, MU berpeluang turun dengan kekuatan penuh saat menjamu Tottenham. Beberapa pemain pilar seperti Casemiro dan bek tengah Lisandro Martinez sudah kembali berlatih. Mereka kemungkinan bisa dimainkan di pertandingan Minggu.

Performa MU masih labil selama putaran pertama kompetisi. Bahkan di laga akhir tahun, The Red Devils dipermalukan Nottingham Forest 2-1.

Hasil mengecewakan itu menjadikan MU masih tertahan di papan tengah. Mereka menduduki peringkat delapan dengan poin 31.

Terpaut sembilan poin dengan Arsenal yang berada di posisi empat atau paling bawah dari zona Liga Champions.

"Hal nyang bagus karena mereka sudah kembali berlatih. Mereka akan kembali ke tim bila sudah 100% fit," kata Manajer Erik ten Hag.

"Kami punya lebih banyak pilihan. Pemain yang menjadi starter maupun di bench bakal sama kuat," ucapnya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)