シェア:

JAKARTA - Kondisi kesehatan Presiden AS Joe Biden usai penampilan buruk di debat Pilpres jadi sorotan. Gedung Putih berulang kali menegaskan, kandidat dari Partai Demokrat itu baik-baik saja.

Sekretaris Pers Karine Jean-Pierre mengatakan kepada wartawan Biden akan berbicara dengan anggota parlemen dan gubernur Partai Demokrat pada Rabu, 3 Juli, untuk mengatasi kekhawatiran mereka sebelum melakukan perjalanan ke negara bagian yang menjadi medan pertempuran akhir pekan ini.

Biden akan berada di Wisconsin pada Jumat dan Pennsylvania pada Minggu, kata Jean-Pierre. Selain itu, Biden akan menyampaikan konferensi pers pada KTT NATO pekan depan yang diselenggarakan di Washington.

"Kami akan pergi ke sana. Di seluruh negeri, orang Amerika akan melihatnya sendiri,” kata Jean-Pierre berbicara rencana kegiatan Biden dilansir dari ABC News, Rabu, 3 Juli.

Namun selama pengarahan yang berlangsung hampir satu jam, Jean-Pierre yang bersikap defensif berulang kali menghadapi pertanyaan sulit mengenai kebugaran Biden secara keseluruhan untuk bertugas.

“Pertama-tama, saya ingin mengatakan bahwa kami memahami kekhawatiran ini,” kata Jean-Pierre.

"Kami mengerti. Presiden tidak mengalami malam yang menyenangkan (saat debat Pilpres), seperti yang Anda semua tahu,” imbuhnya.

“Tetapi saya akan mengatakan hal ini, dan presiden telah mengatakan hal ini dalam beberapa hari terakhir, tentunya tepat setelah perdebatan tersebut: Dia tahu bagaimana melakukan tugasnya,” kata Jean-Pierre.

“Dan dia tahu bagaimana melakukan pekerjaannya bukan karena dia mengatakannya, karena catatannya membuktikannya,” sambung dia.

Jean-Pierre mengatakan "malam yang buruk" sebanyak 13 kali ketika dia menegaskan kembali Biden menderita flu.

Jean-Pierre juga ditanya langsung tentang catatan kesehatan presiden dan apakah ada sesuatu yang disembunyikan dari publik.

"Sama sekali tidak," katanya.

Kevin O'Connor, dokter presiden, mengatakan setelah pemeriksaan fisik Biden pada Februari, Biden disebut pria berusia 81 tahun yang sehat, aktif, dan kuat, yang tetap fit untuk menjalankan tugas Kepresidenan dengan sukses.

Jean-Pierre juga berulang kali ditanyai apakah Biden akan merilis hasil tes kesehatan mental.

“Tim medis mengatakan hal itu tidak dibenarkan dalam kasus ini. Kami telah mengajukan laporan tahunan yang menyeluruh dan transparan mengenai kesehatannya. Jadi, mereka mengatakan hal itu tidak dibenarkan. Itu tidak perlu. Sekali lagi, kami memahami, kami memahami Kami tidak mengambil apa yang Anda semua lihat, apa yang dilihat rakyat Amerika. Kami memahami, itu adalah malam yang buruk,” katanya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)