Gol ke-22 Cole Palmer Bawa Chelsea Kalahkan Brighton

JAKARTA - Striker Cole Palmer mencetak gol ke-22 saat membawa Chelsea mengalahkan Brighton and Hove Albion 2-1 di pertandingan Premier League Inggris di Stadion Amex, Kamis, 16 Mei 2024 dini hari WIB.

Palmer kian menunjukkan ketajamannya dan Chelsea yang terlambat bangkit. Palmer membuka kemenangan Chelsea setelah menyambut umpan silang Marc Cucurella.

Ini menjadi gol ke-22 Palmer di kompetisi domestik. Mantan penyerang Manchester City ini pun membayangi striker Erling Haaland. Mesin gol Man City masih menjadi top skor liga dengan mengemas 27 gol.

Hanya saja, Cole sulit menyamai pencapaian gol Haaland karena kompetisi tinggal satu pertandingan lagi. Di laga pamungkas liga, The Blues sendiri menjamu Bournemouth.

Kemenangan atas Brighton menjadikan Chelsea bertahan di peringkat enam dengan poin 60. Terpaut tiga poin dengan rival satu Kota London, Tottenham Hotspur yang kalah 2-0 saat menjamu Man City.

Chelsea memang terlambat bangkit. Tim asuhan Mauricio Pochettino baru menemukan penampilan terbaik saat kompetisi segera berakhir. Sebelumnya, mereka masih berkutat di papan tengah karena tim dalam proses pembentukan.

Bahkan Pochettino meminta semua pihak, fans dan klub, untuk bersabar karena dirinya masih harus membangun tim yang memadukan pemain senior dan mereka yang masih muda.

Kebetulan lagi, pemain muda itu rata-rata baru datang ke Inggris seperti Enzo Fernandez dan Mykhailo Mudryk. Sementara, Palmer pun baru bergabung di awal musim.

Pasukan Pochettino memulai kompetisi dengan meraih kemenangan dari enam pertandingan pertama. Selanjutnya, Chelsea hanya menang tiga kali dari 10 pertandingan pertama.

Kini, mereka hanya sekali kalah selama 14 pertandingan terakhir. Chelsea sudah menunjukkan performa terbaik dan berharap bisa mendapatkan tiket ke Eropa musim depan.

"Saya senang dengan semua pemain. Mereka pantas mendapat apresiasi," kata Pochettino.

"Mereka menerapkan dengan sangat baik apa yang dilakukan saat latihan. Itu yang penting Saya bangga pada mereka," ujarnya.

"Kami senang karena raihan tiga poin ini menjadikan kami bisa mencapai target kami, yaitu bermain di Eropa musim depan," ucap eks pelatih Paris Saint-Germain ini.

Di pertandingan itu, Chelsea menunjukkan performa terbaik. Mereka mampu mendominasi lawan.

Palmer mencetak gol yang membuka kemenangan The Blues setelah sundulannya menembus gawang Brighton di menit 34. Skor 1-0 bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Chelsea tak menurunkan tekanannya. Mereka tetap bermain menyerang demi memperbesar keunggulan. Upaya mereka tak sia-sia. Pemain depan Christopher Nkunku berhasil memantapkan keunggulan Chelsea di menit 64.

Setelah unggul 2-0, Chelsea kehilangan Reece James yang mendapat kartu merah langsung setelah melakukan pelanggaran terhadap Joao Pedro di menit 88.

Meski demikian, Chelsea masih bisa mempertahankan keunggulan. Brighton hanya bisa memperkeci kekalahan setelah striker veteran Danny Welbeck mencetak gol di injury time. Skor 2-1 untuk Chelsea menutup laga tersebut.