Peringati 50 Tahun Scudetto Pertama, Lazio Pakai Jersei Khusus Kalahkan Empoli

JAKARTA - Lazio memakai jersei khusus saat memperingati 50 tahun meraih Scudetto untuk kali pertama saat mengalahkan Empoli 2-0 di pertandingan Serie A Italia di Stadion Olimpico, Minggu, 12 Mei 2024 malam WIB.

Lazio menunjukkan konsistensi dengan meraih kemenangan keempat dari lima laga Serie A. Saat memenang laga melawan Empoli, tim ibukota ini mengenakan jersei khusus. Jersei yang dikenakan tim pada musim 1974.

Saat itu, Biancocelesti untuk kali pertama memenangi Serie A Italia. Ini menjadi pencapaian yang sangat mengesankan karena musim sebelumnya, Lazio berstatus tim promosi alias pendatang dari Serie B.

Lazio pun memperingati 50 tahun Scudetto dengan memakai jersei klasik yang digunakan kakek mereka. Di laga itu, pelatih Igor Tudor mengambil keputusan berani dengan tidak memainkan salah satu pemain andalan Luis Alberto karena faktor kedisiplinan.

Meski demikian, Lazio menunjukkan dominasi. Namun tuan rumah sempat dikejutkan saat gelandang Empoli Francesco Caputo menaklukkan kiper Christos Mandas di menit 17.

Beruntung, gol dianulir karena dia dalam posisi offside saat menerima bola dari striker Matteo Cancellieri.

Selanjutnya gelandang Simone Bastoni nyaris mencetak gol saat memanfaatkan kesalahan pemain tim nasional Jepang Daichi Kamada. Hanya sepakan Bastoni masih melambung.

Setelah keluar dari tekanan, Lazio secara perlahan bangkit dan menguasai permainan. Lazio mendapat peluang pertama lewat striker Ciro Immobile. Namun kiper Elia Caprile tak sulit menggagalkan upaya Immobile.

Immobile kembali mendapat peluang setelah lolos dari jebakan offside. Hanya saja sepakan eks striker timnas Italia ini sedikit melambung.

Kesabaran pemain Lazio akhirnya membuahkan hasil saat Patric memecahkan kebuntuan pada injury time babak pertama.

Berawal dari sepak pojok yang dilakukan Mattia Zaccagni. Bola mengarah kepada Patric yang tak menyia-nyiakan peluang itu. Dia pun membobol gawang lawan di menit 45+3.

Memasuki babak kedua, Lazio mulai gencar menyerang pertahanan Empoli. Tercatat sepakan Felipe Anderson masih gagal karena bola tendangannya mengenai seorang pemain sebelum melambung.

Selanjutnya serangan balik Lazio yang berujung pada Matias Vecino juga masih gagal. Sepakan Vecino masih melambung Begitu pula upaya dari Kamada bisa digagalkan kiper Caprile.

Lazio akhirnya berhasil memperbesar keunggulan. Gol yang dicetak Vecino pun tercipta di menit terakhir. Dirinya menyambut umpan matang dari Pedro untuk menjebol gawang Empoli di menit 89.

Skor 2-0 untuk Lazio bertahan sampai akhir laga. Kemenangan itu mengukuhkan posisi Lazio di papan tengah. Mereka menduduki peringkat tujuh dengan poin 59.

Sedangkan Empoli terancam terancam turun kasta ke Serie B. Kekalahan itu menggagalkan Empoli memperbaiki peringkat.

Mereka menduduki posisi 17 dengan poin 32 atau satu strip di atas Udinese yang memiliki poin 30.