Partager:

JAKARTA - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar menyampaikan akan mendorong pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) di dalam negeri.

"EBT harus digenjot, bukan malah dikurangi targetnya, diturunkan targetnya," Jelasnya dalam debat Cawapres kedua Minggu 21 Januari 2024.

Menurut Cak Imin untuk mencapai target tersebut, perlu dilakukan perubahan-perubahan di masa depan dan akan berusaha untuk mendorong kemajuan dan kesejahteraan petani, nelayan, peternak, dan masyarakat adat.

"Petani dan seluruh warga bangsa negara menunggu kita, kita harus menghadirkan perubahan untuk Indonesia lebih maju," Jelasnya.

Menurutnya, rakyat harus dilibatkan, tidak boleh ditinggalkan, karena pemilik negeri adalah rakyat, pemerintah hanyalah pelaksana. Selain itu untuk menyelesaikan permasalahan iklim harus diselesaikan mulai dari etika.

"Etika lingkungan, ini adalah keseimbangan manusia dengan alam, tidak menang-menangan, seimbang manusia dan alam," katanya.

Selain itu, Cak Imin juga melihat pemerintahan saat ini kurang serius mengatasi permasalahan krisis iklim, terlihat dari anggaran yang jauh di bawah sektor lainnya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)