Partager:

JAKARTA - Inggris kurang diunggulkan saat menghadapi Spanyol di final Euro 2024 di Berlin, Minggu atau Senin, 14 Juli 2024 dini hari WIB. Namun eks striker Inggris Wayne Rooney punya 'feeling' Harry Kane dkk yang bakal juara. Dia juga menyebut pemain yang berpeluang menjadi penentu kemenangan Inggris.

Performa Inggris yang kurang meyakinkan selama di Jerman menjadi catatan tersendiri saat bertemu Spanyol. Sebaliknya, Spanyol memiliki modal bagus untuk mengangkat trofi keempat kalinya sebagai mencatat rekor sebagai tim yang paling banyak menjadi juara Eropa.

Meski demikian, manajer Gareth Southgate optimistis membawa Inggris mencetak rekor juara untuk kali pertama. Sebagai salah satu tim elite Eropa, Inggris belum pernah mengangkat trofi Henri Delaunay.

Keyakinan Southgate bukan tanpa alasan. Inggris menunjukkan performa yang kian menanjak sejak babak 16 besar. Setelah menyingkirkan Slovakia, The Three Lions menghabisi Swiss dan kemudian menaklukkan Belanda 2-1 di semifinal.

Mereka juga tampak percaya diri saat melewati adu penalti di laga melawan Swiss. Southgate dinilai sukses membawa perubahan mental bertanding pemain sehingga mereka mampu menghadapi situasi kritis. Termasuk saat tim dalam posisi tertinggal seperti di laga melawan Slovakia dan Belanda.

Bagaimana dengan peluang Inggris di laga puncak? Rooney mengaku punya 'feeling' Inggris bisa mengakhiri puasa trofi selama 58 tahun atau setelah juara di Piala Dunia 1966.

Bahkan lebih dari itu, Rooney meyakini pemain muda Kobbie Mainoo yang bakal menjadi penentu kemenangan Inggris. Mantan penyerang Manchester United ini memiliki alasan kuat mengapa Mainoo bakal berperan penting di laga final.

"Saya punya 'feeling' soal Mainoo dan kemenangan di final. Dia akan mencetak gol dan menjadi penentu kemenangan," kata Rooney kepada The Times.

"Kenapa saya yakin dia menjadi penentu di final turnamen? Dia punya posisi yang membantu dia untuk mencetak gol. Spanyol bakal fokus pada Kane, [Phil] Foden, Bukayo Saka dan Jude Bellingham," ujar dia.

Dalam analisis Rooney, Spanyol sudah pasti berupaya mematikan Kane dan Saka. Pasukan Luis de la Fuente juga bakal mewaspadai pergerakan Bellingham. Apalagi, pemain Real Madrid ini sudah terbiasa menghadapi pemain La Roja di kompetisi La Liga Spanyol.

"Karena sibuk menghadap mereka, ini membuka ruang bagi gelandang untuk menyerang. Dia berpeluang mencetak gol dari belakang," ucap Rooney yang sempat menjadi top skor sepanjang sejarah sepak bola Inggris sebelum rekornya dipecahkan Kane. Dirinya juga menjadi pemain kedua yang paling banyak membela timnas setelah kiper legendaris Peter Shilton.

Mainoo sesungguhnya sempat diabaikan Southgate karena usianya masih 19 tahun. Namun tak lama setelah dipanggil timnas U-21, gelandang MU ini dimasukkan Southgate ke skuat yang berlaga di Euro 2024.

Terutama setelah dia menunjukkan penamilan impresif saat membawa MU menang 2-1 atas Manchester City di final Piala FA. Mainoo mencetak gol yang menentukan kemenangan MU.

Saat berlaga di Euro 2024, Mainoo juga terlihat sangat tenang dan matang. Dirinya pun menjadi pilihan pertama menggantikan Conor Gallagher yang bermain di bawah performa. Mainoo membuktikan bila sebelumnya tak diperhitungkan, kini justru menjadi pilar Inggris.  


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)