Partager:

JAKARTA - Belanda meraih kemenangan tipis 2-1 atas Polandia di pertandingan Grup D Euro 2024 di Stadion Volkspark, Hamburg, Minggu, 16 Juni 2024 malam WIB. Striker Wout Weghorst tampil sebagai bintang kemenangan Belanda.

Belanda harus bekerja keras saat menghadapi Polandia. Meski bukan tim elite Eropa, Polandia memiliki deretan pemain dengan teknik berkualitas yang bermain di klub-klub top.

Hanya saja, dalam laga penting itu, Polandia harus kehilangan striker andalan Robert Lewandowski yang mengalami cedera paha saat beruji coba melawan Turki. Posisinya digantikan Adam Buksa yang menunjukkan ketajamannya.

Buksa membawa Polandia unggul. Namun Belanda mampu membalikkan keadaan setelah Weghorst membobol gawang Wojciech Szczesny. Belanda pun mengawali pertarungan di Euro 2024 dengan meraih kemenangan.

Hasil itu menjadikan Belanda menduduki peringkat pertama Grup D dengan poin tiga. Sementara, Polandia berada di dasar klasemen.

Dalam duel itu Belanda sesungguhnya mengambil insiatif menyerang. Pelatih Ronald Koeman yang menempatkan striker Memphis Depay sebagai ujung tombak mampu merepotkan pertahanan Polandia. Dirinya mendapat dukungan dari Cody Gakpo dan Xavi Simons.

Hanya, Polandia justru berhasil memanfaatkan peluang untuk membobol gawang Belanda di menit 16. Berawal dari assist Piotr Zielinski yang disambut dengan sundulan Buksa yang menaklukkan kiper Bart Verbruggen.

Tertinggal 1-0 tak menggoyahkan permainan tim Oranje. Mereka tetap bermain menyerang dan berusaha menekan pertahanan lawan. Kapten Virgil van Dijk mendapat peluang bagus untuk menyamakan kedudukan. Namun usaha dari bek Liverpool ini masih gagal.

Namun koleganya di Liverpool, Gakpo, tak melakukan kesalahan. Dirinya sukses mencetak gol lewat tendangan dari luar kotak penalti di menit 29.

Gol tercipta berawal dari sumpan Nathan Ake kepada Gakpo. Menerima bola, dirinya langsung melepaskan tendangan yang sempat mengenai pemain Polandia.

Akibatnya, bola sedikit berbelok arah. Namun itu sudah cukup mengecoh kiper Szczesny. Skor berubah menjadi 1-1 dan bertahan sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, Belanda tak menurunkan tempo permainan. Hanya saja serangan mereka selalu gagal. Pertahanan kokoh Polandia menyulitkan Belanda menambah gol.

Koeman akhirnya menarik Depay untuk digantikan Weghorst di menit 81. Keputusan Koeman tak salah.

Hanya berselang dua menit, eks penyerang Manchester United ini sukses menjebol gawang Polandia.

Skor berubah menjadi 2-1. Tidak ada lagi tambahan gol. Belanda mempertahankan keunggulan tersebut sampai akhir laga.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)