Robert Lewandowski Cetak Brace, Barcelona Hancurkan Young Boys

JAKARTA - Barcelona menunjukkan permainan terbaik saat menghancurkan Young Boys 5-0 di pertandingan Liga Champions di Stadion Olimpic Lluís Companys, Barcelona, Rabu, 2 Oktober 2024 dini hari WIB. Striker Robert Lewandowski mencetak brace di laga mudah bagi Barca itu.

Barca berhasil bangkit setelah memetik hasil mengecewakan di Liga Champions maupun La Liga Spanyol. Ya, Barca mengawali pertarungan di kompetisi Eropa dengan kekalahan. Saat menyambangi markas Monaco, tim asuhan Hansi Flick dipaksa menyerah 2-1.

Usai kekalahan itu, Barca memang tetap menunjukkan penampilan terbaik di kompetisi domestik. Hanya setelah memetik dua kemenangan, mereka kemudian dihabisi Osasuna 4-2. Ini tidak hanya menjadi kekalahan pertama di La Liga Spanyol tetapi sedikit mengganggu persiapan Barca sebelum berlaga di Liga Champions.

Namun Lamine Yamal dkk mampu mengatasi tekanan dan berhasil meraih kemenangan pertama di kompetisi Eropa. Dengan mengantungi tiga poin, Barca menempati peringkat 10 klasemen sementara. Young Boys sendiri yang belum meraih poin menduduki dasar klasemen.

Di pertandingan itu, Barca sepenuhnya mendominasi atas klub Swiss itu. Pertandingan baru berjalan delapan menit, Barca sudah unggul saat Lewandowski menuntaskan umpan silang dari Raphinha.

Gol itu berawal dari kerjasama apik Raphinha dengan Yamal yang diakhiri dengan umpan kepada Lewandowski untuk membobol gawang Young Boys.

Setelah unggul 1-0, Barca agak kesulitan menembus pertahanan lawan. Meski demikian, Blaugrana sepenuhnya menguasai permainan karena keunggulan ball possession mencapai 70%.

Mereka hanya menunggu waktu mencetak gol kedua yang baru bisa dilakukan di menit 34. Kali ini, Raphinha yang memperbesar keunggulan Barca setelah membobol gawang lawan lewat bola rebound yang berawal dari sepak pojok.

Hanya berselang tiga menit, bek Inigo Martinez sudah membawa Barca unggul 3-0. Sundulan dia saat menyambut umpan silang Pedri gagal diselamatkan kiper Marvin Keller. Skor itu bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Barca tak menurunkan tempo permainan. Mereka tetap bermain agresif yang mengakibatkan Young Boys lebih banyak bertahan.

Dengan permainan ofensif, Barca kembali mencetak gol cepat. Lewandowski pula yang berhasil menambah gol saat laga baru berjalan enam menit.

Mantan striker Bayern Munchen ini mencetak brace setelah sundulannya yang menyambut sepak pojok Martinez menembus gawang Young Boys.

Setelah unggul 4-0, serangan Barca sedikit mengendur. Hanya saja, tim tamu tetap kesulitan menghadapi permainan Barca. Mereka tak bisa menembus pertahanan Blaugrana yang sangat solid.

Sebaliknya, gawang Young Boys kembali kebobolan. Kali ini, bek Mohamed Camara membuat gol bunuh diri di menit 81. Gara-garanya dia hendak membuang bola silang Alejandro Balde. Hanya upaya dia malah membuat bola meluncur ke gawang sendiri.

Skor 5-0 untuk Barca. Saat pertandingan akan berakhir, Young Boys baru bisa mengancam gawang Barca. Bahkan mereka sempat membobol gawang Inaki Pena lewat Joel Monteiro di injury time.

Namun gol itu dianulir wasit setelah meninjaunya lewat VAR. Monteiro dinilai dalam posisi offside saat mencetak gol. Skor lima gol tanpa balas Barca pun bertahan hingga laga usai.