Havertz dan Fuellkrug Jadi Starter Lini Depan Jerman, Nagelsmann Bakal Coret Satu Pemain

JAKARTA - Pelatih tim nasional Jerman Julian Nagelsmann sudah memiliki gambaran starting eleven di Euro 2024. Duet Kai Havertz dan Niclas Fuellkrug jad pilihan pertama di lini depan. Nagelsmann hanya perlu mencoret satu pemain lagi.

Nagelsmann memanggil 27 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan timnas. Meski hanya perlu mencoret satu pemain karena kuota tim untuk 26 pemain yang berlaga di Euro 2024, namun itu tak mudah bagi Nagelsmann.

Termasuk apakah Jerman akan menyiapkan empat atau tiga kiper. Saat ini Nagelsmann memanggil empat kiper yang dinilai memiliki kemampuan merata. Ini menjadikan kiper Bayern Munchen Manuel Neuer belum pasti menjadi pilihan pertama.

Hanya, Nagelsmann sesungguhnya sudah mengantungi satu pemain yang bakal dicoret. Namun dirinya baru akan mengumumkan siapa yang tak masuk skuat usai laga uji coba melawan Yunani, Sabtu, 8 Juni 2024 dini hari WIB.

Mantan pelatih Bayern ini pun sudah memiliki gambaran starting eleven dari Die Mannschaft. Hal tersebut menunjukkan kesiapan Jerman saat bertindak sebagai tuan rumah Euro 2024.

"Di kepala saya sudah ada 11 starter. Namun mereka harus menunjukkan benar-benar fit saat latihan. Begitu pula mereka harus menunjukkan performa terbaik di pertandingan," ucap Nagelsmann.

Nagelsmann menyatakan komposisi pemain bukan harga mati. Semua tetap bisa berubah dengan mempertimbangkan kondisi pemain.

Nagelsmann juga tidak akan langsung mengumumkan siapa yang dicoret. Pasalnya semua itu bisa berubah di saat-saat terakhir.

"Skuat sesungguhnya sudah ditetapkan. Tetapi saya belum akan mengumumkannya atau membicarakannya dengan pemain yang bersangkutan. Saya harus menghadapi kemungkinan terburuk ada yang cedera. Jadi lebih baik tak membahasnya untuk saat ini," kata dia lagi.

"Saya baru akan mengumumkannya usai pertandingan [uji coba melawan Yunani]," ujarnya.

Mengenai gambaran starting eleven, Nagelsmann hanya memberi bocoran di sektor depan. Havertz dan Fuellkrug yang memang moncer di klubnya sebagai pilihan pertama.

Havertz menemukan kembali permainan terbaik bersama Arsenal. Meski gagal membawa The Gunners menjadi juara Premier League Inggris dan hanya menduduki peringkat dua, namun Havertz mampu menunjukkan ketajamannya dan menjadi andalan di lini depan.

Begitu pula Fuellkrug yang membawa Borussia Dortmund ke final Liga Champions. Hanya saja di final, dirinya gagal mencetak gol dan Dortmund kalah 2-0 lawan Real Madrid.

"Kami berada di jalur yang tepat dan performa kami sudah mencapai 100%. Kami senang Fuelle (Fuellkrug) telah kembali bergabung. Kami mendapatkan tambahan striker di skuat," ucap Nagelsmann.

"Peran mereka sudah jelas. Bila Kai yang bermain, dia menjadi ujung tombak. Fuelle juga diharapkan bisa mencetak gol. Meski demikian semua belum ada yang pasti menjadi pilihan pertama. Pemain harus menunjukkan performa terbaik bila ingin menjadi pilihan pertama," katanya.

Pelatih Jerman Julian Nagelsmann sudah memiliki gambaran starting eleven di Euro 2024.

Termasuk Kai Havertz dan Niclas Fuellkrug yang menjadi pilihan pertama di lini depan. Nagelsmann hanya perlu mencoret satu pemain usai uji coba lawan Yunani.